Pengertian dan Contoh Seleksi Alam

Pengertian dan Contoh Seleksi Alam - Kondisi alam dan lingkungan akan selalu mengalami perubahan. Adanya bencana alam ataupun persaingan serta munculnya wabah penyakit yang menyerang makhluk hidup akan membuat terjadinya kepunahan. Untuk itu semua makhluk hidup dituntuk untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi pada alam ini.

Jadi, alam akan menyeleksi setiap individu (makhluk hidup). Individu-individu yang tidak dapat atau mampu menyesuaikan diri (beradaptasi) untuk bertahan hidup akan mengalami kematian ataupun kepunahan. Sementara itu, individu-individu yang dapat bertahan hidup karena mampu beradaptasi dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dan berikut ini beberapa contoh dari peristiwa seleksi alam :

a. Terjadinya spesies baru burung finch di kepulauan galapagos di kawasan amerika selatan
Pada waktu melakukan perjalanan atau ekspedisi di kepulauan galapagos, Charles Robert Darwin menemukan berbagai jenis burung yang sebelumnya belum pernah ditemui dan dikenal. Burung-burung tersebut mempunyai paruh dan jenis makanan yang berbeda-beda. Darwin memperirakan bahwa burung-burung tersebut merupakan keturunan burung finch yang berasal dari daratan Amerika Selatan.

Pada mulanya burung finch memakan biji-bijian. Setelah berimigrasi ke daerah baru mereka beradaptasi terhadap lingkungan dengan makanan yang baru. Lama kelamaan munculla berbagai spesies burung finch yang baru. Burung-burung finch yang tidak dapat beradaptasi akan terseleksi dan mati. Dengan demikian, hanya burung-burung finch yang mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang dapat bertahan hidup.

b. Jerapah yang berleher panjang
Menurut darwin, pada awalnya tidak semua jerapah memiliki leher yang panjang, ada juga yang mempunyai leher yang pendek. Oleh karena sumber makananan mereka yang berupa daun-daun muda , yang pada umumnya daun-daun yang masih muda tersebut berada di pucuk-pucuk pohon yang tinggi, sehingga hanya jerapah yang mempunyai leher panjang saja yang dapat menjangkau dan memakan makanan tersebut (bertahan hidup). Dan nasib jerapah yang memiliki leher yang panjang, akan mati karena tidak mampu menjangkau makanannya, jerapah ini mati terseleksi oleh alam.

Pengertian dan Contoh Seleksi Alam
Pengertian dan Contoh Seleksi Alam

c. Punahnya dinasaurus dan reptil-reptil raksasa
Punahnya makhluk hidup raksasa yang bernama dinasaurus dan juga kawannya yang termasuk reptil-reptil raksasa lainnya diduga disebabkan karena tidak dapat beradaptasi atau mempertaankan hidupnya, terhadap perubaan lingkungan yang terjadi pada zaman Mesozoikum kurang lebih 180 juta tahun yang lalu. 

Dugaan dari para peneliti pada waktu itu adalah disebakan karena terjadinya tabrakan antara bumi dan meteor. Karena terjadi tabrakan maka akan mengakibatkan bumi tertutup oleh debu yang dihasilkan pada saat tabrakan. Akibatnya, sinar matahari tidak dapat sampai ke permukaan bumi. Seperti kita tahu bahwa sinar matahari sangat diburuhkan oleh makhluk hidup terutama tumbhan untuk melakukan fotosintesis. Kalau tidak ada sinar matahari yang sampai ke bumi maka tumbuhan-tumbuhan yang ada di bumi ini tidak dapat melakukan fotosintesis dan akhirnya tumbuhan-tumbuhan tersebut pada mati. Tidak adanya tumbuhan ini akan membuat dinasaurus yang memakan tumbuh-tumbuhan juga ikut mati, dan akhirnya dinasaurus yang memakan daging juga akan mati karena sudah tidak ada lagi yang dimakan.

Load disqus comments

0 comments