Pengertian dan Contoh Perkawinan Silang (Pembastaran)

Pengertian dan Contoh Perkawinan Silang (Pembastaran) - Salah satu contoh teknologi reproduksi adalah perkawinan silang. Perkawinan silang ini disebut juga dengan pembastaran. Dan berikut ini penjelasan singkatnya tentang perkawinan silang.

Baca juga : Pengertian bioteknologi

Pengertian perkawinan silang

Perkawinan silang adalah perkawinan antara dua individu yang berlainan varietas dalam satu spesies. Teknik perkawinan silang ini dilakukan dengan cara memperhatikan sifat-sifat unggul dari individu-individu yang akan di silangkan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan varietas baru pada spesies tersebut dan merupakan yang paling unggul bila dibandingkan dengan yang lain.

Contoh perkawinan silang

1. Perkawinan silang antara sapi shorthor dengan sapi brahman

  • Sapi shorthor hidup di daerah sub tropis yang tidak tahan terhadap iklim panas tetapi dagingnya banyak.
  • Sapi brahman (dari india) tahan terhadap iklim yang panas, akan tetapi daging yang dihasilkan oleh sapi ini relatif sedikit
Persilangan dari kedua sapi diatas, diharapkan dapat menghasilkan varietas baru yaitu sapi yang tahan terhapad iklim panas dan mampu menghasilkan daging dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu, sapi ini dapat di kembang biakan di daerah tropis karena sudah tahan terhadap panas. Persilangan dari kedua sapi diatas menghasilkan sapi santa gertrudis.

2. Perkawinan silang antara kopi robusta dengan kopi arabica
  • Kopi robista memiliki batang dan perakaran yang sangat kuat, tahan terhadap hama, serta dapat hidup di lingkungan dengan kondisi yang kurang baik (atau buruk). Akan tetapi kopi ini memiliki kekurangan rasa yang kurang enak.
  • Kopi arabica memiliki batang dan perakaran yang lemah, mudah terserang hama akan tetapi rasa dari kopinya yang sungguh nikmat.
Perkawinan silang kopi arabica dan robusta
Perkawinan silang kopi arabica dan robusta

Dari persilangan kedua jenis kopi diatas, diharapkan dapat menghasilkan jenis kopi yang kuat, tahan terhadap hama, dan dapat hidup di lingkungan dengan kondisi yang kurang baik serta rasa kopi yang enak.

Load disqus comments

0 comments