Pengertian dan Ciri-ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi - Perhatikan kehidupan masyarakat di sekitar kita, kita akan melihat banyak orang melakukan kegiatan/bekerja. Pertanyaannya mengapa mereka bekerja? Ada satu hal yang menjadi alasan utama mengapa mereka bekerja, yaitu untuk memenuhi kebutuhan, baik itu kebutuhan pangan, sandang, papan, atau barang dan lain-lain yang menjadi keinginannya.

Keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) ini selalu ada pada setiap orang yang ada di dunia ini. Keinginan dan kebutuhan itu akan hilang ketika orang yang bersangkutan tersebut meninggal dunia. Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi keinginan, adalah sebagai berikut :

  1. Faktor ekonomi
  2. Faktor lingkungan sosial budaya
  3. Faktor fisik
  4. Faktor pendidikan
Untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian keinginan dan kebutuhan tersebut, perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini :
  • Ketika orang ingin naik mobil, maka ia butuh mobil
  • Ketika orang lapar dan haus, ia ingin makan dan minuman, maka ia butuh makanan dan minuman
  • Ketika orang ingin hidup aman, maka ia butuh satpam, senjata dan alat pengamanan lainnya
Dari contoh diatas, maka ada dua istilah yaitu keinginan dan kebutuhan. Keinginan ini berkaitan dengan situasi orang yang memerlukan pemuasan, dan keinginan ini cenderung sangat tidak terbatas. Keinginan yang dipandang perlu untuk dipenuhi/dipuaskan akan melahirkan kebutuhan yang berkaitan dengan keberadaan  alat pemuas (barang dan jasa). 

Keinginan akan dapat dipuaskan apabila terpenuhi kebutuhan akan alat pemuas yang diperlukan. Kalau sudah menjadi kebutuhan berarti keinginan tersebut harus menjadi kenyataan. Artinya kalau keinginan tersebut tidak terpenuhi akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Sebagai contoh keinginan untuk makan, minum, rumah tinggal, pakaian, kesehatan, dan pendidikan. Demikian juga keinginan seorang siswa antara lain, sepatu, buku pelajaran, tas dan seragam. Kalau keinginan siswa tersebut tidak penuhi akan menemui kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi

Makhluk yang selalu berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhannya secara rasional disebut dengan makhluk ekonomi (home economicus). Sebagai makhluk ekonomi manusia akan bertindak secara hati-hati dengan memperhitungkan pengeluaran dan manfaat yang akan diperoleh. Contoh :
a. Seorang produsen akan memproduksi barang yang bermutu tinggi dengan biaya yang rendah serta barang hasil produksinya diharapkan mampu bersaing dan laris terjual di pasaran.
b. Seorang siswa tentu tidak akan selalu menghabiskan uang untuk jajan saja, namun akan berusaha menyisakan untuk ditabung mengngingat kebutuhan-kebutuhan sekolah yang lain masih banyak.

Pengertian dan Ciri-ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi
Pengertian dan Ciri-ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi

  1. Memiliki sifat tidak pernah merasa puas
  2. Mempunyai banyak keinginan dan kebutuhan
  3. Selalu mempertimbangkan pengorbanan dan manfaat dari tindakan yang dilakukan
Dalam pengertian sehari-hari home economicus sering dikacaukan dengan istilah manusia egois. Manusia egois adalah manusia yang lebih memntingkan kepentingan pribadi tanpa mempeduikan keselamatan bahkan kesejahteraan orang lain, ia akan rakus, tamak serakah dan sombong.
Load disqus comments

2 comments