Pengertian dan Dampak Positif Negatif Perilaku Konsumtif

Pengertian dan Dampak Positif Negatif Perilaku Konsumtif - Salah satu macam dari 3 kegiatan ekonomi adalah konsumsi. Konsumsi dilakukan oleh konsumen, dimana kita dan semua manusia yang ada di dunia ini adalah konsumen. Karena sebenarnya kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri. Dan ketika kita membeli sesuatu kita sudah menjadi konsumen.

Oke pada kesempatan ini saya akan share sedikit mengenai pengertian dan dampak positif negatif dari perilaku konsumtif. Dan berikut ini penjelasan singkatnya :

Pengertian Konsumtif

Pengertian perilaku konsumtif adalah suatu tindakan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Lihat pada artikel berikut ini untuk mengetahui pengertian dari konsumsi : Pengertian konsumsi

Perilaku konsumtif sangat tergantung dari beberapa faktor diantaranya adalah, pendapatan, selera, harga-harga barang yang dikonsumsi, dan keadaan emosi konsumen pada saat itu. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki pendapatan tinggi, tentu akan lebih banyak barang/jasa yang dikonsumsi bila dibandingkan dengan orang yang memiliki pendapatan yang lebih rendah.

Demikian juga harga-haraga barang konsumsi, bila harga barang konsumsi rendah maka orang-orang pada umumnya akan menambah jumlah barang tersebut untuk dikonsumsi.
Pengertian dan Dampak Positif Negatif Perilaku Konsumtif
Pengertian dan Dampak Positif Negatif Perilaku Konsumtif

Dampak positif perilaku konsumtif

  1. Kebutuhan manusia terpenuhi
  2. Memperoleh kepuasan
  3. Memperoleh pengalaman
  4. Memperoleh kenyamanan
  5. Menjamin kontinuitas produksi
  6. Memberikan keuntungan pada penjual/distributor

Dampak negatif perilaku konsumtif

Perilaku konsumtif akan berdampak negatif apabila dilakukan dengan berlebihan dan tidak semestinya, dan berikut ini dampak negatifnya :
  1. Mengurangi kesempatan untuk menabung
  2. Memupuk sikap atau gaya hidup konsumerisme
  3. Bila berlebihan maka akan menyebabkan terbiasa hidup boros
Load disqus comments

0 comments