Masalah-masalah Ketenagakerjaan

Yogyakarta, Ada beberapa masalah masalah yang terkait dengan ketenagakerjaan. Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai hal itu. Masalah-masalah ketenagakerjaan sebenarnya bukan masalah yang sulit kita dapatkan.

Kita dapat mulai mencari permasalahan ketenagakerjaan dengan melihat lingkungan di sekitar kita, misalnya kita amati penduduk yang sekarang satu RT dengan kita. Dari satu RT itu apakah ada orang yang menjadi pengangguran? Jika iya, berarti di RT anda terjadi masalah ketenagakerjaan, karena penganngguran adalah salah satu masalahnya.

Masalah-masalah Ketenagakerjaan

Pada kesempatan yang lalu sudah share mengenai pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja, kali ini giliran tentang masalah yang terjadi pada ketenagakerjaan. Apa saja masalahnya? Berikut ini akan saya jelaskan satu persatu.

1. Pengangguran

Dalam kehidupan sehari-hari istilah pengangguran sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Istilah pengangguran sering digunakan bagi mereka yang tidak bekerja. Maka dari itu untuk menambah pengetahuan tentang pengangguran ini, berikut ini saya jelaskan mengenai istilah pengangguran.

Pengertian dari bekerja adalah orang yang melakukkan kegiatan untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan minimal satu jam dalam seminggu sebelum pencacahan. Sedangkan pengangguran adalah kebalikan dari bekerja, atau orang yang bekerja kurang dari satu jam dalam seminggu dan sedang mencari pekerjaan.

Pengangguran merupakan masalah yang besar, tidak hanya negara berkembang seperti Indonesia yang mengalami masalah tersebut, tetapi juga ada di negara-negara maju. Akan ttetapi tingkat pengangguran di negara yang bekerja biasanya lebih tinggi daripada tingkat pengangguran di negara yang sudah maju.

Pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja sama sekali atau bila bekerja namun kurang dari satu jam dalam waktu satu minggu. Salah satu penyebab terjadinya pengangguran adalah semakin kecilnya lapangan pekerjaan dan semakin bertambahnya jumlah penduduk yang mencari pekerjaan.


2. Produktivitas kerja rendah

Produktivitas kerja yang rendah memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah
  • Kondisi pekerja
  • Sarana pendukung
  • Kebijakan perusahaan dan pemerintah
Masalah-masalah Ketenagakerjaan
Masalah-masalah Ketenagakerjaan

3. Upah rendah

Permasalahan tenaga kerja yang cukup memprihatinkan adalah rendahnya tingkat upah. Upah rendah umumnya terjadi pada sektor-sektor pertanian, industri kecil, dan sektor-sektor informal yang lain. Pengupahan sering kali menjadi bahan perdebatan dan bahkan sering kali menjadi pemicu pemogokan buruh.

Secara ideal upah seharusnya memenuhi tiga persyaratan fungsi upah, yaitu :
  • Dapat mencukupi atau memenuhi kebutuhan manusia yang layak bagi pekerja besrta keluarganya
  • Upah tersebut dapat mencerminkan imbalan atas hasil kerja seseorang (sesuai dengan kerja seseorang tersebut).
  • Upah tersebut dapat menyediakan insentif untuk mendorong peningkatan produktivitas kerja bagi pekerja
Load disqus comments

0 comments