Macam-macam Kebutuhan Manusia

Macam-macam Kebutuhan Manusia - Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas tentang pengertian kebutuhan manusia, yang mana kebutuhan manusia adalah keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi, dan apabila tidak terpenuhi maka dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia tersebut. Ada beberapa macam kebutuhan manusia, dan berikut ini lebih detailnya :

A. Macam-macam kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya (intensitasnya)

Kebutuhan manusia sangatlah banyak dan bemacam-macam, dari mulai makanan, pakaian, perumahan, kendaraan, hiburan dan lain sebagainya. Dari semua kebutuhan tersebut tentunya kita harus bijak, menentukan mana yang harus didahulukan dan dipenuhi terlebih dahulu. Artinya, kebutuhan yang harus dipenuhi adalah kebutuhan yang paling penting, dan kemudian dilanjutkan ke kebutuhan yang kurang penting. Berdasarkan tingkat kepentingannya kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi 3, yaitu :

1. Kebutuhan pokok (primer)
Kata primer berasal dari kata "primus" yang mempunyai arti pertama. Jadi, kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi oleh manusia apabila ingin menjaga kelangsungan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang paling penting dan sudah sepantasnya menjadi prioritas utama dalam pemenuhannya. Yang termasuk kebutuhan primer atau pokok ini adalah pangan (makanan), sandang (pakaian) dan papan (rumah). Kemudian ada yang menambahkan pendidikan dan juga kesehatan.

2. Kebutuhan tambahan (sekunder)
Setelah primer, baru kemudian sekunder. Kalau primer mempunyai arti kata pertama, kalau sekunder berasal dari bahasa latin "secudus" yang mempunyai arti kedua. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua setelah kebutuhan pokok. Artinya, kebutuhan sekunder dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Hal ini tidak berarti bahwa kebutuhan sekunder tidak penting dan tidak perlu dipenuhi.

Namun kebutuhan sekunder ini akan menjadi penting setelah kebutuhan primer terpenuhi demi menjalani hidup yang lebih baik dan berkembang. Selama manusia masih diberi kesempatan untuk hidup tentunya manusia tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan utama saja, melainkan juga perlu kebutuhan yang lainnya atau tingkat yang lebih tinggi, seperti meja, handphone, kursi, almari, televisi, radio, sepeda, jam, alat-alat dapur dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan kemewahan (tersier)
Setelah primer dan sekunder, baru kebutuhan manusia yang selanjutnya menurut tingkat kepentingannya adalah tersier. Kata tersier ini berasal dari kata tertius yang berarti ketiga. Maksud dari kebutuhan ketiga ini adalah kebutuhan tersier yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk mempertinggi status sosial seseoang, sebagai contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, motor mewah, apartemen atau rumah mewah, hp mewah, laptop.

B. Macam-macam kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhannya (keterdesaan)

Penggolongan ini didasarkan pada tolok ukur "kapan pemenuhan kebutuhan dilakukan". Dan berikut ini macam-macam kebutuhan menurut waktu pemenuhannya :

1. Kebutuhan sekarang (mendesak/masa kini)
Suatu kebutuhan akan menjadi kebutuhan masa kini, apabila waktu pemenuhannya bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda. Penundaan pemenuhan kebutuhan ini akan mengganggu kelangsungan hidup bahkan dapat berakibat fatal. Misalnya, kebutuhan minum bagi orang yang sangat haus, makan bagi orang yang lapar, dan obat bagi orang yang sedang sakit.

2. Kebutuhan yang akan datang (kelak)
Kebutuhan manusia yang akan datang merujuk pada kebutuhan yang waktu pemenuhannya dapat dilakukan dikemudian hari atau dapat ditunda. Kebutuhannya ini dapat ditunda karena belum merupakan kebutuhan yang mendesak, memerlukan perencanaan yang matang, memerlukan biaya yang relatif besar sehingga perlu menabung terlebih dahulu. Misalnya, kebutuhan rumah bagi orang  yang belum berkeluarga, kebutuhan perlengkapan bayi bagi pengantin baru, dan tabungan.

C. Macam-macam kebutuhan manusia menurut sifatnya (sumbernya)

Menurut sifatnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kebutuhan jasmani dan juga kebutuhan rohani.

1. Kebutuhan jasmani (Material)
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang ditujukan untuk memelihara kesehatan badan atau raga kita. Tubuh kita memerlukan makanan, pakaian, vitamin dan juga olahraga.

2. Kebutuhan rohani (imaterial/spiritual)
Terpenuhinya kebutuhan jasmani dengan baik belumlah menjamin kelangsungan hidup sesorang. Banyak orang yang tergolong kecukupan bahkan berlebihan mengalami stress, terguncang jiwanya, bahkan tidak memperoleh ketentraman, kenyamanan, kasih sayang dan penghormatan. Orang tersebut cenderung menginginkan suatu kebutuhan yang dapat memberi kepuasan batinnya. Kebutuhan-kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan rohani. Contohnya, agama, pendidikan, rasa senang, dan rekreasi.

Macam-macam Kebutuhan Manusia
Macam-macam Kebutuhan Manusia

D. Macam-macam kebutuhan manusia menurut cara pemenuhannya (konsumennya)

Menurut cara pemenuhannya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan individu (pribadi_ dan kebutuhan sosial (kolektif).

1. Kebutuhan pribadi
Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang ditujukan bagi kepentingan perseorangan (individu). Kebutuhan ini akan berbeda untuk tiap-tiap orang tergantung dengan keadaan atau pekerjaan seseorang. Kebutuhan seseorang petani akan berbeda dengan mahasiswa, kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan seoran guru, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhuan sosial (kolektif/masyarakat)
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Oleh, karena itu kebutuhan ini sering disebut juga dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya, jalan raya, puskesmas, rumah sakit, tempat rekreasi, lapangan sepak bola, tempat ibadah, dan kebutuhan rasa aman.
Load disqus comments

0 comments