3 Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi dan Konsumsi)

Definisi Produksi, Distribusi dan Konsumsi - Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas mengenai pengertian dari kebutuhan manusia, setelah itu juga dilanjutkan dengan membahas tentang macam-macam kebutuhan manusia. Dimana untuk memenuhi kebutuhan manusia ini seseorang harus melalukan yang namanay kegiatan ekonomi. 

Kegiatan ekonomi bertujuan untuk menghasilkan barang/jasa yang mana barang/jasa tersebut siap untuk dikonsumsi (dimanfaatkan) oleh manusia. Kegiatan ekonomi dapat dibagi menjadi tiga macam 3, yaitu yang pertama produksi, yang kedua adalah distribusi dan yang terakhir adalah konsumsi. Dan berikut ini pengertian/definisi dari ketiganya yang saya jelaskan dengan singkat padat dan agak jelas :

Definisi Kegiatan Ekonomi Produksi

Kata produksi adalah berasal dari bahasa Inggris "production" yang artinya menciptakan atau membuat. Jadi definisi dari kegiatan produksi adalah suatu kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh :

  1. PT. Jeruk menghasilkan minuman jeruk
  2. PT. Kedelai menghasilkan tahu dan tempe
  3. Pengacara menghasilkan jasa layanan hukum

Definisi Kegiatan Ekonomi Distribusi

Distribusi berasal dari kata distribution yang mempunyai arti menyalurkan. Dengan demikian definisi dari distribusi adalah proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh : 
  1. Petani menjual beras ke pasar
  2. PT. Astra mendistribusikan sepeda motor honda melalui dealer-dealernya di seluruh Indonesia.
  3. Pemerintah mengirim tenaga kesehatan ke daerah terpencil.
3 Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi dan Konsumsi)
3 Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi dan Konsumsi)

Definisi Kegiatan Ekonomi Konsumsi

Konsumsi berasal dari kata consumption, yang mana kata ini mempunyai arti memakai atau menghabiskan, Jadi kegiatan ekonomi konsumsi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup yang mana kegiatan tersebut meliputi memakai, mengurangi atau menghabiskan nilai guna ekonomi suatu barang ataupun jasa. Contoh, :
  1. Adik sedang memakan soto
  2. Joko menggunakan sepeda motor yang baru dibelikan oleh ayahnya
  3. Saya membeli buku di toko
Load disqus comments

0 comments