Transmisi Manual Tipe Syncrhomesh

Diposting pada 16,676 views

Transmisi Manual Tipe Synchromesh – Setidaknya ada 3 tipe transmisi manual, yaitu tipe constan mesh, sliding mesh dan synchromesn. Dari ketiga jenis transmisi manual diatas, transmisi yang sekarang masih digunakan dan merupakan yang paling banyak ditemui adalah tipe synchromesh.

Transmisi berfungsi untuk memindahkan tenaga atau putaran dari koling ke poros propeller jika itu merupakan mobil tipe FR (Front Engine Rear Drive). Transmisi ada dua jenis yaitu otomatis dan manual. Dari dua jenis trasmisi ini masing-masing masih terdapat macam-macamnya.

Baca : Fungsi Transmisi Pada Kendaraan  

Transmisi manual tipe ini, pemindahan putaran dari main gear ke main shaft digunakan unit syncromesh, yang mana pada saat pemindahan terdapat penyamaan putaran agar selama proses perkaitan terjadi dengan lembut dan  perpindahan putaran dapat dilakukan dengan mudah pada berbagai kecepatan, untuk memindahkan posisi kecepatan dipergunakan perlengkapan synchromesh, dimana dengan bentuk konisnya dan pasangannya yaitu synchronizering akan menyamakan putaran, baru kemudian gigi sleeve disambungkan.

Kemampuan menyesuaikan putaran antara dua roda gigi yang akan disambungkan ini yang tidak dimiliki oleh kedua sistem sebelumnya.

Sebelumnya sudah saya bahas tentang : Transmisi Manual Tipe Sliding Mesh

Fungsi dan Bagian-bagian Unit Synchromesh

Fungsi dari unit synchromesh adalah untuk :

Menghubungkan dan memutus tenaga / putaran dari roda gigi tingkat ke poros output pada kondisi putaran tidak sama

Baca : Jenis-jenis Roda Gigi Pada Transmisi  

Berikut ini merupakan gambar dan kontruksi dari unit synchromesh. Dibawahnya sudah terdapat keterangan dan fungsi dari komponen-komponen unit synchromesh :

1.Roda gigi sinkronmesh (Clutch hub) berfungsi untuk meneruskan tenaga / putaran dari clutch hub sleeve ke poros output.   

2. Kopling geser sinkronmesh (Clutch Hub Sleeve) berfungsi untuk menghubungkan roda gigi sinkronmesh dengan roda gigi tingkat (roda gigi percepatan).    

3.Pengunci sinkronmesh (Shifting Key) berfungsi untuk mencegah pergantian gigi sebelum putaran sama.   

4.Pegas pengunci (Key Spring) berfungsi untuk memegang pengunci-pengunci dengan roda gigi sinkronmesh.   

5.Cincin sinkronmesh (Synchronizer ring) berfungsi untuk menyesuaikan putaran unit sinkronmesh dengan roda gigi tingkat.  

Untuk yang selanjutnya akan saya share tentang cara kerja dari unit synchromesh.

Baca : Mekanisme Pengontrol Pemindah Roda Gigi

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.