Pengertian Qadha dan Qadar

Pengertian Qadha dan Qadar - Dalam pengertian sehari-hari qadha dan qadar merupakan dua buah kata yang mempunyai arti yang hampir sama. Karena itu, qadha dan qadar sering disebut juga dengan takdir, yang artinya ketentuan Allah swt. Ditinjau dari segi bahasa qadha artinya ketentuan atau ketetapan (Q.S. Bani Israil 4). Sedangkan qadar artinya ketentuan atau ukuran. (Q.S. Al-Furqon 2).

Berdasarkan pengertian itulah maka qadha dan wadar itu dapat dibedakan, dan berikut ini perbedaannya.

Perbedaan Qadha dan Qadar

Qadha

Qadha mempunyai arti perwujudan atau kenyataan dari ketentuan ketentuan (takdir) Tuhan yang telah ditetapkan sejak zaman azali. Jadi, qadha merupakan keputusan atau ketetapan yang sudah terlaksana dalam kenyataan. Misalnya serang murid yang bernama si X pada saat ini telah menjadi seorang dokter. Kerberhasilan si X mmenjadi doketer itu disebut dengan qadha Allah. Artinya keberhasilan dia bisa menjadi dokter itu, karena memang telah ditentukan sejak zama azali sebelum Ia dilaharkan. Atau qadarnya memang sudah ditetapkan demikian.

Qadar
Sedikit berbeda dengan qadha, qadar merupakan  ketentuan-ketentuan, atau segala rencana milik Allah yang  pasti berlaku bagi semua makhluk yang telah ditetapkan sejak zaman azali. Ketentuan atau ukuran takdir pada masing-masing makhluk telah ditentukan pada zaman azali. Tetapi tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui hal ini, sebelum ketentuan terlaksana dalam kenyataan. Ketentuan Allah yang belum terlaksana dalam kenyataan disebut dengan qadar atau takdir.

Pengertian Qadha dan Qadar
Pengertian Qadha dan Qadar
Misalnya seseorang yang terserang penyakit jantung kemudia berobat dengan sekuat kemampuannyaadar ia lekas sembuh. Namun sekalipun telah diobat dengan seseorang yang paling ahl, tetapi ia akhirnya mati juga. Semua itu karena Allah telah menentukan sejak zaman azali bahwa dia harus mati dengan sebab penyakt jantung. Jadi, ketentuan sejak zaman azali itu dinamakan qadar atau takdir. Sedangkan kenyataan mati terserang penyakit jantung dnamakan qadha dari Allah swt/

Semua manusia tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi terhadap dirinya, sudah ada dalam ketentuan Allah. Tidak ada satu makhluk pun di dunia ini yang dapat lari dari takdir Tuhan. Itulah sebabnya kita harus percaya dengan seyakin-yakinnya, bahwa Allah-lah yang menentukan segala sesuat. Allah swt berfirman :

Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. (Q.S. Al-Qamar 49)

Dilain ayat Allah swt juga berfirman :

Tidaklah sesuatu bencaya yang menimpa di bumi dan pada dirimu, melainkan dahulu sudah tersurat dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Q.S. Al-Hadiid 22).

Terimakasih sudah membaca artikel Pengertian Qadha dan Qadar. Baca : Pengertian dan Adab Berdoa
Load disqus comments

0 comments