Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Politik Menurut Para Ahli -  Salah satu materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan SMA/SMK kelas 10 adalah sistem politik di Indonesia. Untuk memulai tentang bab ini Kita Punya akan membahas tentang pengertian dari politik.

Pengertian Politik

Kata "politik" merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu polis yang artinya negara kota. Dari kata tersebut berkembang istilah-istilah lain dalam berbagai bahasa, seperti polity, politic, politics, political dan policy. Poltik dapat diterjemahkan sebagai bermacam-macam kegiatan dalam suatu negara (sistem politik) yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem itu dalam melaksanakan tujuan. Politik menyangkut tujuan-tujuan dari seluruh masyarakat (negara) dan bukan hanya sekadar tujuan individu saja.

Ada beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian politik, dan berikut ini definisi politik menurut para ahli.

a, Mirriam Budiarjo (Dasar-dasar Ilmu Politik)
Menurut beliau politik merupakan berbagai macam aktivitas (kegiatan) di dalam suatu sistem politik yang menentukan dan melaksanakan tujuan tersebut.

b. Joyce Mitchel (Political Analysis dan Public Policy)
Menurut seorang ahli yaitu Joyce Mitchel politik yaitu pengambilan keputusan kolektif (umum) untuk masyarakat seluruhnya.

c. Plato dan Aristoteles
Menurut keduanya pengertian politik adalah suatu organisaya yang memiliki tujuan untuk menjamin kehidupan yang layak (lebih baik) bagi warga negaranya.

d. WJS. Poerwodarminto
Menurut ia politik yaitu suatu ilmu pengetahuan mengenai ketatanegaraan dan juga merupakan segala urusan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau negara lain.

Unsur-unsur politik
Bisa disebut dengan politik apabila memiliki ke 3 unsur dibawah ini, yaitu
  • Negara
  • Kekuasaan yang dijalankan
  • Kepentingan masyarakat
Demikian saja pengertian politik menurut para ahli, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments