Pengertian Negara Secara Umum

Pengertian Negara - Sebelum ke pembahasan kita pada hari ini yaitu tentang pengertian negara sebelumnya kita pahami terlebih dahulu asal kata atau istilah dari negara negara. Dalam bahasa Jerman dan Belanda istilah negara yaitu staat. Sedangkan dalam bahasa Inggris yaitu state kemudian dalam bahasa Perancis disebut dengan etat yang terakhir dalam bahasa Latin adalah statum.

Oleh Marcus Tullis Ciciro, statum ini dimaknai sebagai sebuah kedudukan yang berhubungan dengan persekutuan orang banyak. Pendapat lain juga disampaikan oleh Prof. Mr. L.J. van Apeldoorn, melalui buku ciptanaanya yang berjudu “Inleiding tot de Studie van Het Nederlandsche Recht” negara dimaknai dengan sebuah penguasa, negara merupakan sekumpulan orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi kepada rakyatnya yang berada pada suatu daerah tertentu. 

Pengertian Negara Secara Umum
Pengertian Negara Secara Umum

Berdasarkan istilah yang saya sebutkan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa negara adalah suatu organisasi/kelompok tertinggi di antara kelompok masyarakat yang lainnya yang memiliki tujuan, dan berada di suatu wilayah serta memiliki pemerintah yang berdaulat.


Selanjutnya berikut ini merupakan beberapa pengertian dari para ahli :
a. George Jellinek (1851-1911), ia adalah seorang ahli dalam tata negara yang berkebangsaan Jerman mengemukakan pengertian negara yaitu; negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
b. Mr. Kranenburg 
Menurut Mr. Kranenburg ini pengertian dari negara yaitu suatu organisasi yang ada karena adanya kehendak/keinginan dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.
c. Prof. Dr. Djokosoetono
Pengertian Negara menurut Prof. Dr. Djokosoetomo adalah suatu kumpulan orang-orang yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Baca lebih banyak : Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Berdasarkan pendapat yang dikemukan oleh para ahli di atas, secara ringkas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian dari negara adalah 
Suatu kumpulan orang yang telah mempunyai kehendak/tujuan yang sama untuk membangun masa depan bersama-sama. Kelompok masyarakat tersebut memiliki rasa senasib dan sepenanggungan untuk menjalankan hidup bersama-sama di dalam suatu wilayah yang ada batas-batasnya, membentuk organisasi masyarakat dan memiliki pemerintahan yang sah untuk mengatur warga atau masyarakatnya.
Demikian saja artikel tentang pengertian negara secara umum. Baca : Pengertian Politik Menurut Para Ahli
Load disqus comments

0 comments