Pengertian Murtad (Keluar Dari Agama Islam)

Pengertian Murtad (Keluar Dari Agama Islam) - Setelah pada kesempatan yang lalu share tentang pengertian syirik dan musyrik. Kini kami akan share lagi tentang pengertian murtad yang mana juga merupakan salah satu dosa yang sangat besar selain syirik.

Pengertian Murtad

Murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam. Perbuatan yang demikian jelas merupakan tindakan yang merusak iman, karena itu iman kepada Allah dan rukun-rukun iman yang lain harus dijaga dan diperlihara dengan baik dan terus-menerus. Sebab godaan setan selalu melingkari orang-orang yang beriman. Apabila seorang lengah, maka setan akan merongrongnya, sehingga iman yang sudah ada dan tertanam di dalam hat, secara perlahan-lahan terkikis habis yang pada akhirnya menjadi kafir dan keluar dari Islam. Apabla sudah sampai ke tingkat ini, maka berarti ia telah lari dan menghindari petunjuk-petunjuk Allah menuju kepada jalan kesesatan dan kekafiran.
Allah swt berfirman pada surat Muhammad ayat 25 yang artinya :
Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, setan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka.
Dengan keluar dari agama, maka di dalam dirinya telah bersarang kebenciann dan permusuhan serta ingkar terhadap kebenaran yang dbawa oleh Al-Quran dan Al-Hadits. Oleh karena itu, kita harus waspada menghadapi orang murtad, karena mereka pernah hidup dalam keadaan Islam, sehingga kemungkinan mereka akan dapat mempengaruhi orang lain untuk keluar dari Islam.

Dalam sejarah kita pernah membaca bahwa setelah wafatnya Rasulullah saw banyak di antara kaum muslimin yang kembali menjadi murtad. Oleh karena itu, Khalifah Abu Bakar sebagai pengganti Rasulullah yang pertama menghadapi orang-orang murtad itu dengan tegas menyatakan seraya bersumpah, bahwa beliau akan memerangi semua orang atau golongan yang telah menyeleweng dari kebenaran, baik yang murtad maupun yang tidak mau membayar zakat, sehingga semuanya kembali kepada kebenaran, atau beliau gugur sebagai syahid dalam memperjuangkan agama Allah.

Tindakan Khalifah Abu Bakar seperti tu sejalan dengan apa yang disyariatkan dalam Islam, sebagaimana yang telah disebutkan dalam sabda Rasulullah saw :

Barang siapa yang mengganti agamanya (dari Islam ke agama lain), maka bunuhlah dia. (H.R. Bukhari)

Itulah hukuman bag orang-orang yang murtad. Hukuman berat seperti yang dsebutkan dalam sabda Rasulullah saw itu, khusus bagi orang-orang yang murtad dari agama Islam. Islam menetapkan hukuman ini karena perbuatan ini sangat berbahaya. Mereka adalah orang yang melakukan pengkhianatan paling besar. Oleh karena itu, ia wajib diberi hukuman yang seberat-beratnya. Murtad dari Islam berarti menginjak-injak prinsip-prinsipnya, dan hal ini merupakan musuh bagi umat manusia. Padahal bagi seorang muslim, wajib berpegang teguh pada akidahnya dan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsipnya.

Tetapi terhadap orang-orang yang non Islam sejak semula, Islam memberikan kebebasan sepenuhnya kepada mereka, antara lain mendirikan peribadatan mereka dan mereka boleh memluk akidah yang sudah diyakininya. Selain itu juga Islam memberikan perlindungan kepada mereka, disampik hak-hak mereka disamakan dengan kaum muslimin tanpa pandang bulu, apabila mereka meminta perlindungan dan tidak memberontak atau memerangi Islam.

Disamping itu juga, murtadnya orang Islam dari agamanya adalah merupakan dosa yang besar. Allah swt telah mengancam orang murtad dengan siksaan yang sangat keras kelak di akhirat. Allah swt telah menyatakan dalam Al-Quran yang artinya : Barang siapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Untuk mengindari murtad ini kita harus mengoreksi dan mempersiapkan diri untuk memahami, menghayati dan mengamalkan kebenaran Islam dengann bertaqwa kepada Allah swt. Dengan cara itulah diharapkan iman dan Islam kita semakin tebal dan kokoh, sehingga terpelihara dan mampu bertahan terhadap semua godaan setan. Demikian Pengertian Murtad (Keluar Dari Agama Islam).

Load disqus comments

0 comments