Pengertian, Fungsi dan Sifat Negara

Pengertian, Fungsi dan Sifat Negara - Walaupun kemarin sudah share mengenai tema yang sama dengan yang ini, lebih tepatnya pengertian negara, tetapi akan saya bahas lagi supaya lebih lengkap. Bedanya kalau sekarang ini lebih panjang dan lengkap karena ditambah dengan funsi dan sifat dari negara.

Pengertian Negara

Negara yaitu sebuah organisasi kekuasaan yang dibuat oleh sekelompok manusia yang disebut “bangsa” atas kesepakatan bersama. Negara didalamnya terdapat rakyak/penduduk yang tinggal di suatu wilayah yang memiliki batas-batas negara. Biasanya negara memiliki tujuan tertentu, dan juga salah satu unsur terbentuknya negara adalah pemerintah yang berdaulat.

Baca :

Fungsi Negara

Salah satu ahli yaitu Harold Laski mengemukakan bahwa fungsi dari suatu negara adalah untuk menciptakan keadaan supaya keinginan rakyat dapat terpenuhi. Fungsi negara menurut Harold Laski adalah sebagai berikut :

a. Fungsi Penertiban. Yaitu fungsi negara yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah terjadinya konflik (bentrokan) antara warga negara.
b. Fungsi Kesejahteraan. Setiap negara pasti memiliki fungsi untuk meningkatkan keseahteraan dan kemakmuran rakyatnya.
c. Fungsi Pertahanan. Yitu fungsi negara yang memiliki tujuan untuk menjaga keutuhan negara atau serangan dari luar yang membayakan negara tersebut
d. Fungsi Keadilan. Fungsi negara yang satu ini berfungsi untuk menegakkan keadilan bagi seluruh rakyatnya.

4 Fungsi negara diatas merupakan pendapat dari Harold Laski, kemudian ada satu ahli lagi yang memberikan aspirasinya tentang fungsi negara, ia adalah Charles E. Merriam. Beliau berpendapat bahwa fungsi negera ada lima yaitu :
a. Keamanan ekstern. Fungsi negara yang pertama adalah untuk mencegah ancaman dari luar.
b. Ketertiban intern. Fungsi negara yang kedua adalah untuk ketertiban dalam negeri
c. Keadilan. Fungsi negara yang ketiga adalah agar semua warga negara mendapatkan keadilan.
d. Kesejahteraan umum. Fungsi negara yang keempat adalah menciptkan rakat yang sejahtera dan makmur.
e. Jaminan kebebasan. Fungsi negara yang kelima adalah untuk menjamin kebebasan tiap waga negara berdasar hak asasi manusia.
Baca lebih lengkap : Fungsi Negara Menurut Para Ahli

Sifat-sifat Negara


a. Sifat negara memaksa
Sifat negara paling awal ini adalah memaksa. Sifat ini harus dimiliki oleh setiap negara, tujuannya adalah agar peraturan yang telah dibuat dan disepakati dapat ditaati oleh rakyat sehingga keamanan dan ketertiban dari rakyat terjaga dengan baik selain itu juga timbulnya anarkhi dapat dicegah. Sarana yang digunakan antara lain adalah tentara, jaksam polisi dan hakim.

b. Sifat negara mencakup semua
Sifat negara yang satu ini sangat dibutuhkan oleh setiap negara, tujuannya tidak lain adalah supaya semua peraturan perundangundangan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh suatu negara, peraturan tersebut berlaku untuk semua orang tanpa kecuali.

c. Sifat negara monopoli
Sifat negara yang ketiga adalah monopoli, sifat negara ini berhubungan dengan kewenangan penguasa negara untuk menentukan arah serta tujuan yang ingin dicapai bersama suatu negara. Dimana cara untuk mencapai tujuan tersebut, biasanya ditetapkan dan dimonopoli oleh suatu negara.

Load disqus comments

0 comments