Pengertian dan Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Pengertian dan Cara Melaksanakan Sholat Tahajud - Salah satu sholat sunnat yang paling dianjurkan oleh Allah swt adalah sholat tahajjud. Sholat ini dikerjakan dimalam hari sehingga tidak semua orang bisa melaksanakannya, sholat yang dikerjakan pada saat orang lain tertidur ini pahalanya sangat besar. Bahkan dalam hadits qudsi barangsiapa yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa maka oleh Allah akan dikabulkan, apabila meminta maka akan diberi dan apabila memohon ampun maka akan diberi ampunan oleh Allah swt.

Pengertian Sholat Tahajud

Pengertian Shalat Tahajjud yaitu shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam hari, paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktu pelaksanaan shalat tahud adalah mulai dari waktu Isya; sampai terbitnya fajar. Shalat malam dapat dinamakann shalat tahjjud, dengan syarat apabila dikerjakan sesudah bangun dari tidur malam, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Apabila dikerjakan sebelum tidur dulu, maka tidak bisa dikatakan shalat tahajjud, tetapi dianggap shalat sunnat biasa, seperti halnya witir, shalat hajat dan sebagainya.

Waktu yang paling baik mengerjakan shalat tahajjud

Sepertiga malam pertama : yaitu kira-ira dari jam 19:00 sampai dengan jam 22:00
Sepertiga malam kedua : yaitu kira-kira dari jam 22:00 sampai jam 1.00 malam
Sepertiga malam ketiga (terakhir) : yaitu kira-kira jam 1:00 malam sampai dengan masunya waktu shubuh.

Waktu yang paling baik untuk mengerjakan shalat tahajjud adalah sepertiga malam terakhir, Rasulullah saw bersabda :
Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu Allah berfirman : "Adakah orang yang berdoa, pasti akan Aku Kabulkan, Adakah orang yang meminta maka pasti akan Kuberi dan adakah orang yang meminta ampun, pasti akan Aku ampuni baginya sampai tiba waktu shubuh."

Shalat tahajjud itu sangat besar pahalanya dan sangat dianjurkan oleh Allah swt sebagai mana yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an. Allah swt berfirman :

Hendaklah engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud sebagai shalat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engaku dengan kedudukan yang sangat terpuju. (Q.S. Al-Israa': 79)

Cara Melaksanakan Sholat Tahajud
Tiada orang yang paling baik akhlaknya kecuali Rasulullah saw, dan pada diri seorang Rasul itu ada suri tauladan yang baik. Maka kalau urusan sholat tahajud kita contoh baginda Rasulullah saw. 

Sholat tahajud yang biasa dikerjjakan oleh Rasulullah saw, adalah 9 rakaat ditambah dengan 3 rakaat, jadi totalnya adalah 11 rakaat. Semuanya dikerjakan dengan dua rakaat dua rakaat satu salam ditamah witir 3 rakaat satu salam. Bacaan sholat tahajud seperti sholat wajib biasa, hanya saja dilakukan pada malam hari.

Rasulullah saw bersabda :
Shalat malam itu adalah dua (rakaat), dua (rakaat). Apabila kamu khawatir aan masuknya shubuh, maka berwitirlah satu rakaat saja. (HR. Bukhari Muslim).
Dari hadits diatas dapat kita ambil maknanya bahwa shalat tahajud dikerjakan dua rakaat dua rakaat dan sebagai penutupnya maka kerjakanlah sholat witir (ganjil, boleh 3 rakaat atau 1 rakaat). Surat-surat yang dibaca pada waktu sholat tahajud adalah bebas, demikian pula doa-doa dalam melaksanakan sholat tahajud seperti halnya pada sholat pada umumnya.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Anda dapat membaca doa setelah sholat tahajud berikut ini :

Tentunya anda dapat membaca doa selain doa setelah sholat tahajud diatas. Coba saja cari di internet lagi pasti banyak yang share tentang doa sholat tahajud yang berbeda dari yang ini.
Load disqus comments

0 comments