Tujuh Penyakit ini Mengancam Anda Yang Obesitas (Gemuk)

Tujuh Penyakit ini Mengancam Anda Yang Gemuk (Obesitas) -  Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di Indonesia sudah banyak kita jumpai, ada yang kelas berat dan kelas ringan. Tapi bagi anda yang sekarang ini masih memiliki berat badan yang berlebihan dan bisa dikatakan obesitas, maka berhati-hatilah. Karena ternyata ada 7 risiko penyakit yang dihadapi oleh orang yang mengalami obesitas, yaitu:

Tujuh Penyakit ini Mengancam Anda Yang Gemuk (Obesitas)
Tujuh Penyakit ini Mengancam Anda Yang Gemuk (Obesitas)

Penyakit jantung dan stroke

Obesitas yang di alami seseorang akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung khususnya jantung koroner. Hal ini karena perubahan aliran darah yang tertahan karena lemak yang tertimbun di dalam tubuh seseorang. Penimbunan lemak ini juga mengakibatkan kolesterol jahat akan semakin banyak tertimbun di sini dan kolesterol baik mengalami penurunan. Obesitas yang disertai dengan penyakit hipertensi, maka dapat berisiko terjadinya stroke.

Tekanan darah tinggi (hipertensi)


Hipertensi dapat disebabkan faktor genetik, demografi dan biologi. Namun, berdasarkan berbagai penelitian, melaporkan bahwa penurunan berat badan bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Kita tahu bahwa orang yang mengalami obesitas, pasti didalam tubuhnya tersimpan banyak timbunan lemak yang dapat membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah ini membuat tekanan darah meningkat (tinggi).

Gagal Jantung

Obesitas menyebabkan tingginya beban kerja pada jantung yang harus memompakan darah ke seluruh jaringan tubuh. Gagal jantung terjadi tidak berarti jantung berhenti bekerja, tetapi tenaga pompa jantung melemah daripada yang biasanya atau normal.

Gangguan Lemak Darah

Orang yang mengalami obesitas pada umumnya dalam tubuhnya terdapat banyak timbunan lemak yang berlebih. Jumlah lemak yang banyak akan membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah dan kemudian akan meningkatkan tekanan darah, dan ini sangat berbahaya kalau pembuluh darah yang mensuplai darah ke otot jantung atau ke otak terganggu bahkan sama sekali tidak berfungsi yang dapat menyebabkan stroke dan kematian otot jantung.

Diabetes tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 tidak dapat dipungkiri ternyata banyak mengidap pada penderita. Penyakit
ini memiliki kelainan berupa ketidakmampuan menggunakan insulin di dalam metabolisme glukosa
sehingga menimbulkan ketidakmampuan untuk menyerap gula yang diperoleh dalam makanan yang
seharusnya gula tersebut dirubah menjadi energi.

Kanker

Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker dalam hubungannya dengan kadar hormon yang tinggi, sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel yang berlebihan. Beberapa ahli percaya bahwa kontrol
berat badan dapat mengurangi risiko kanker sebesar 30-40%.

Osteoartristis

Obesitas atau kelebihan berat badan akan menyebabkan risiko terserang osteoarthritis terutama pada sendi lutut, ini terjadi karena lutut akan menahan beban yang terlalu berat sehingga cairan sendi pada lutut bisa cepat berkurang yang menyebabkan ujung tulang saling bergesekan sehingga menimbulkan rasa nyeri. Untuk stadium lanjut, bisa terjadi perlekatan antara ujung tulang, sehingga kaki tidak lagi mampu menopang tubuh dan penderita harus duduk di kursi roda.

Nah demikian Tujuh Penyakit ini Mengancam Anda Yang Gemuk (Obesitas), sebelum itu semua terjadi mulai dari sekarang biasakan gaya hidup yang sehat, sering olahraga, diet dengan cara yang baik dan benar, banyak makan buah, kurangi makan makanan yang berlemak dan berkabohidrat tinggi. Terimakasih.

Load disqus comments

0 comments