Pengertian Tahanan (Resistansi)

Pengertian Resistansi (Tahanan) - Pada kesempatan ini Kita Punya Belajar Otomotif akan membahas tentang pengertian resistansi atau yang biasa kita sebut dengan tahanan. Resistansi (dalam hukum Ohm ditulis dengan simbol R) adalah tahanan dari suatu bahan konduktor untuk menghambat aliran arus listrik. Setiap logam yang digunakan sebagai penghantar mempunyai karakteristik hambatan yang berbeda.
Besar tahanan pada suatu konduktor dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu :
  • Luas penampang
  • Panjang penghantar
  • Jenis bahan
  • Temperatur
Jadi Luas penampang dan panjang konduktor yang sama, nilai tahanannya bisa berbeda jika bahan dan tahanan jenisnya berbeda. Berikut adalah tabel yang menjelaskan tentang tahanan dan satuannya.

Tabel Ohm
Tabel Ohm
Luas penampang konduktor yang kecil mempunyai tahanan yang lebih besar dibanding konduktor dengan penampang yang lebih besar. Konduktor yang lebih panjang mempunyai tahanan yang lebih besar dibanding dengan konduktor yang pendek meskipun luas penampangnya sama. Konduktor dengan temperatur yang tinggi mempunyai nilai tahanan yang lebih besar dibanding dengan konduktor dengan temperatur yang rendah. Berikut ini gambar ilustrasinya :

Luas penampang dan panjang penghantar
Luas penampang dan panjang penghantar

Temperatur Tahanan
Temperatur Tahanan
Demikian artikel dengan judul pengertian tahanan (resistansi), jangan lupa like facebook kami agar selalu mendapat update dari blog ini. Baca juga yang lain : Download Modul Sumber Arus Baterai
Load disqus comments

0 comments