fungsi lampu kota

Fungsi Lampu Kepala Pada Sistem Penerangan

Diposting pada 7,131 views

Lampu Kepala Pada Sistem Penerangan – Lampu kepala (head lamp) pada sistem penerangan bertugas untuk menerangi jalan ketika berkendara di malam hari. Lampu kepala ini ada juga yang menyebutnya dengan lampu depan.

Fungsi Lampu Kepala pada Sistem Penerangan

Jadi lampu kepala ini berfungsi untuk menerangi jalan pada malam hari atau kondisi gelap. Bayangkan saja apabila kita mengendarai mobil ketika hari sudah gelap (malam),, tentu kita akan sulit melihat jalan. Jadi lampu kepala ini fungsinya sangat vital. 

Baca : Komponen-komponen Sistem Penerangan

Sistem lampu kepala ini komponennya terdiri dari sekering lampu kepala, saklar kontrol lampu, saklar dim, indikator lampu jauh dan lampu-lampu besar. Lampu kepala atau lampu besar dapat dibagi menjadi 2 tipe, tipe yang pertama adalah tipe sealed beam dan tipe yang selanjutnya adalah tipe semi selaed beam.

Ketika penggantian tipe sealed beam harus secara keseluruhan, sedangkan untuk tipe semi sealed beam penggantiannya hanya bolamp lampunya saja.

Saklar kontrol lampu memiliki posisi OFF, TAIL, HEAD. Saklar dim/flash memiliki posisi LOW, HIGH dan FLASH.   

saklar lampu kepala
Saklar lampu kepala

Secara umum, apabila headlight switch diputar satu kali, lampu kota akan menyala, kemudian diputar satu kali lagi lampu kepala akan menyala (posisi head). Lampu kepala yang menyala bisa jarak dekat atau jarak jauh tergantung posisi dari saklar dim (dimmer switch).

Jika dimmer switch posisi high maka lampu kepala yang nyala adalah lampu kepala jarak jauh. Khusus untuk FLASH dapat diaktifkan meskipun saklar kontrol lampu pada posisi OFF.

Lampu flash merupakan lampu kepala jauh yang diaktifkan tanpa melalui saklar kontrol lampu. Lampu ini berfungsi untuk meminta perhatian pemakai jalan lain yang berada di depan kendaran dengan arah berlawanan kita.

Fungsi ini hampir menyerupai klakson namun sedikit berbeda penggunaannya terutama menyangkut waktu dimana klakson jarang digunakan pada malam hari demi etika di jalan raya dan sebagai gantinya digunakan lampu flash. 

Saklar kontrol lampu umumnya menggunakan model tuas atau saklar putar. Model tuas letaknya berada pada sebelah kanan kemudi untuk kendaraan dengan kemudi kanan dan sebaliknya untuk kendaraan dengan kemudi kiri maka saklar terletak di sebelah kiri kemudi. Model saklar putar terletak pada dashboard.   

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.