Pengertian Power Steering Pada Sistem Kemudi

Yogyakarta - Pengertian Power Steering Pada Sistem Kemudi. Pada kendaraan sistem kemudi (steering system) berfungsi untuk mengatur arah dari kendaraan, dengan cara membelokkan roda depan. Ada juga beberapa kendaraan yang membelokkan dengan roda belakang seperti carlift. Tetapi pada umumnya untuk kendaraan jenis penumpang, adalah dengan membelokkan roda depan. Komponen-komponen sistem kemudi antara lain, steering wheel, steering column, steering gear, steering linkage, dan lain sebagainya.

Biasanya mobil jadul masih menggunakan sistem kemudi yang biasa, tetapi ada juga yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan ditambah power steering. Sedangkan pada mobil-mobil baru sekarang ini sudah hampir semua sistem kemudinya menggunakan sistem power steering.

Pengertian Power Steering

Kata "power" dalam bahasa indonesia berarti tenaga, kekuatan atau daya, sedangkan kata "steering" berarti "kemudi". Secara istilah power steering dapat diartikan sebagai suatu sistem hidrolik yang digunakan untuk meringankan kerja pengemudi dalam membelokkan roda terutama pada saat kecepatan rendah dan menyesuaikannya pada kecepatan sedang dan tinggi. Secara logika pada saat kecepatan rendah, gaya gesek antara ban dan jalan menjadi lebih besar, sehingga dibutuhkan gaya/tenaga yang lebih untuk membelokkan roda, untuk memperkecil gaya yang dibutuhkan ini dipasanglah power steering. Jadi dengan adanya power steering dalam membelokkan roda akan terasa lebih ringan, hal ini tentu akan banyak menguntungkan pengemudi selain untuk menghemat tenaga juga agar tidak cepat lelah dan lapar, he he.

Tipe Power Steering

Power steering dapat dibagi menjadi dua tipe, tipe yang pertama adalah integral dan yang kedua adalah tipe rack and pinion. Pada steering gear yang menggunakan recirculating ball biasanya menggunakan power steering tipe integral. Dinamakan integral karena power piston dan gear haousing dijadikan menjadi satu, sedangkan pada tipe rack and pinion, power silinder dan gear housing terpisah. Berikut ini gambar dari kedua tipe power steering.

Power Steering Tipe Integral
Power Steering Tipe Integral

Power Steering Tipe Rack and Pinion
Power Steering Tipe Rack and Pinion

Pada perkembangannya dikenal lagi salah satu jenis power steering yaitu EPS (Electronic Power Steering) Electronic Power Steering yang kerjanya diatur atau diambil alih oleh suatu unit elektronik/ komputer yang biasanya disebut dengan ECU. Cukup sekian artikel pengertian power steering pada sistem kemudi, terimakasih.
Load disqus comments

0 comments