Macam-macam Pola Tapak (Tread Pattern) Pada Ban

Kita Punya - Macam-macam Pola Tapak (Tread Pattern) Pada Ban. Wheel atau roda terdiri dari pelek (rim) dan ban (tire). Pelek berfungsi untuk menahan beban vertikal dan horizontal, beban pengereman dan beban-beban lainnya yang tertumpu pada ban. Sedangkan tire atau ban berfungsi untuk menopang seluruh berat kendaraan, bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan serta menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan  yang tidak rata. Ban dipasangkan pada pelek roda.

Salah satu bagian dari ban adalah tread, tread ini merupakan lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. Tread pada ban radial dengan yang terdapat pada ban bias adalah berbeda, untuk melihat perbedaannya. Bisa lihat di postingan yang berjudul Tipe-tipe Ban (Ban Bias dan Ban Radial).

Lanjut ke menu utama pada kesempatan kali ini yaitu tentang macam-macam telapak ban. Jenis, ukuran dan play rating ban ditentukan pada tahap desain kendaraan, tetapi pola tapak dapat ditentukan menurut kondisi pelayanan. Menurut tapaknya secara umum ban diklasifikasikan menjadi 5 pola dasar sebagai berikut.
Pola Dasar Tread Pattern
Pola Dasar Tread Pattern
Kelima pola tapak ban tersebut adalah rib, lug lurus, lug miring, block, composite/kombinasi. Walaupun artikel ini tidak lengkap karena tidak ada penjelasannya, tetapi semoga saja ini bermanfaat, dan menambah pengetahuan tentang ban. Jangan lupa like saya di Facebook untuk belajar otomotif. Profil Facebook : Rahmad Hidayat.
Load disqus comments

0 comments