Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Kita Punya | Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Internet sudah berkembang pesat di Indonesia. Hampir setiap orang setiap hari berjelajah di internet, entah itu di social media, game online, blogger atau belajar dan mencari informasi. Termasuk juga saya, sepulang sekolah saya langsung ganti pakaian kemudian istirahat seperlunya termasuk makan dan minum, langsung ambil laptop pasang modem dan tancap gas di Internet. Pertama kali yang saya buka pasti blogger.com, dan kemudian facebook.com. Di blogger biasanya tulis-tulis artikel otomotif, yang saya gunakan untuk membantu saya dalam belajar.

Menurut saya menjadi blogger itu menyenangkan, karena bisa berbagi informasi dengan ribuan orang di seluruh dunia, apalagi kalau artikel yang kita buat itu bermanfaat. Dapat menjadi amal jariah yang tidak terputus-putus hingga kita mati nanti. Menjadi blogger tentu ada suka-dukanya, tetapi banyak sukanya daripada sedihnya. Jadi blogger juga harus update, caranya ya sama dengan orang pada umumnya, biasanya pakai google.co.id untuk mencari informasi. Informasi ini diperlukan untuk memperluas wawasan kita, sehingga tulisan atau konten yang dihasilkan lebih berkualitas dan enak dibaca.

Mencari informasi di internet memang lebih mudah, daripada kita mencari di buku atau yang lainnya. Gimana tidak tinggal cari di google, ngak sampai satu menit langsung muncul beberapa sumber, sebagai contoh adalah Wikipedia. Di sini anda akan menemukan berjuta-juta informasi yang di tulis oleh jutaan orang di dunia. Selain wikipedia masih banyak ribuan situs yang memberikan konten yang bermanfaat dan memberikan informasi khusunya di bidang ilmu pengetahuan.

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Pertanian Indonesia
Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Pertanian Indonesia
Nah, ngomong-ngomong tentang informasi, kali ini kita punya akan sedikit share tentang sumber informasi mengenai pertanian Indonesia, yaitu Jokowarino.com.Website ini merupakan tempat berbagi informasi tentang pertanian, pertenakan, kehutanan Indonesia. Semoga review yang saya tulis ini dapat menjadikan manfaat bagi kita semua. Oke langsung saja tanpa panjang kali lebar sama dengan luas ini dia ulasannya :

Sekilas Tentang Pemilik Situs Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Pertanian Indonesia

Situs ini sudah berganti alamat menjadi jokowarino.id. Pemilik dari website ini adalah Joko Warino yang merupakan seorang mahasiswa S2 di IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mengambil jurusan di bidang tanah. Gambar foto dari mas Joko Warino yang ganteng, baik hati, tidak sombong lagi rajin menabung. Untuk menghubungi mas joko, dapat dilakukan dengan mengirim sms atau email di sini :

Email : Jokowarino@yahoo.com
No Hp : 085265505358
Mas Joko seperti yang tertulis di websitenya memiliki hobi menulis, sehingga dia menyalurkan hobinya dengan membuat sebuah website yang salah satu isinya tentang tutorial pertanian. Selain membahas tentang itu, juga membahas yang lainnya seperti tips pertanian, trik pertanian dan lain sebagainya. Sejak dulu Indonesia merupakan negara yang agraris atau negara yang sebagian besar penduduknya adalah seorang petani yang kegiatan sehari-hari bertani atau bercocok tanam.

Berdasarkan data statistik yang diambil pada tahun 2001 sekitar 45 % dari total penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. Iklim di Indonesia memang sangat cocok untuk bertani atau bercocok tanam. Di pemerintahan Pak Soeharto, Indonesia memiliki swadaya pangan yang baik, karena pada masa itu pemerintah sangat memperhatikan petani dalam menghasilkan sembako khusunya beras.

Tetapi untuk saat ini Indonesia kayaknya swadaya pangannya menurun bila dibandingkan dengan yang lalu, lebih lagi Indonesia tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan beras sehingga harus impor dari luar negeri. Sebenarnya sih mampu, cuma mungkin karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap para petani. Lebih lagi sekarang banyak lahan-lahan pertanian indonesia yang sudah di rubah menjadi bangunan rumah, hotel, supermarket dan lain sebagainya. Tentu karena berkurangnya lahan pertanian, hasil beras yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia juga menurun. Di bulan maret 2015 ini harga beras naik dari biasanya, ini menyebapkan warga yang kurang mampu keteteran, pemerintah sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengedalikan harga beras ini. Harga beras bisa naik mungkin dikarenakan banyaknya petani yang mengalami kegagalan panen akibat cuaca yang tidak mendukung. Sehingga terjadi kelangkaan padi yang berimbas naiknya harga beras.

Banyaknya penduduk di Indonesia yang berprofesi sebagai petani, membuat Joko Warino membuat sebuah website yang dijadikan sebagai tempat berbagi informasi mengenai pertanian di Indonesia. Tidak hanya info pertanian, tetapi juga membahas topik-topik yang lainnya seperti :
  • Perikanan
  • Peternakan
  • Kehutanan
  • Ilmu Pengetahuan tentang ilmu tanah dan hama tanaman
  • Dan juga manfaat dan khasiat

Informasi Pertanian Indonesia

Di website jokowarino.com kita dapat menemukan berbagai macam artikel tentang pertanian yang ada di Indonesia, dari mulai tutorial, ilmu dasar sampai tips pertanian dalam bertani maupun bercocok tanam. Berikut ini merupakan beberapa judul artikel yang diterbitkan pada hari-hari terkahir ini :
  • Cara Budidaya Cabe Merah
  • Panduan Budidaya Cabe Rawit
  • Cara Menghasilkan Tanaman Seledri Organik
  • Struktur dan Pertumbuhan Akar Tanaman
  • Budidaya Jamur Tiram
  • Faktor-faktor Penentu Pertumbuhan Tanaman
  • Cara Pengolahan Biji Kakao Usai pasca Panen
  • Memilih Produk Organik
  • Pengertian Unsur Hara dan Pengaruhnya Terhadap Tanaman
  • Cara Tepat Membuat Pupuk Organik Cair
Di atas merupakan 10 artikel yang diterbitkan dengan label pertanian, yang tentunya masih banyak lagi artikel yang bisa anda temui di tempat jokowarino.com.

Informasi Mengenai Perikanan dan Peternakan

Selain pertanian indonesia, informasi yang lain adalah tentang perikanan dan peternakan. Yang tentunya masih sama membahas tentang tutorial, ilmu dasar, dan tips maupun cara-cara dalam berternak dan memelihara ikan. Informasi ini sangat berguna bagi mereka yang sedang berbudidaya ikan, atau beternak hewan seperti bebek, ayam, burung dan lain sebagainya. Saya juga senang dengan ikan, di belakang rumah saya terdapat kolam yang isinya semuanya ikan lele, walaupun tidak pernah ikut memberi makan tetapi saya merasa senang ketika melihat banyak ikan di kolam. Orang tua juga berbudidaya ikan di sawah, ikan yang di budidayakan adalah ikan nila, ikan lele dan ikan bawal. Di label perikanan dan peternakan anda dapat menemui artikel yang semacam ini :
  • Budidaya Belut dalam Tong
  • Membuat Kolam Dari Tanah Untuk Ikan Lele
  • Beternak Jangkrik yang Mudah dan Menghasilkan
  • Panduan Beternak Kambing dan Domba
  • Kiat Budidaya Itik Yang Benar
  • Teknik Budidaya Ikan Cupang
  • Mengembangkan Budidaya Udang
  • Tips Keberhasilan dalam Budidaya Ikan
  • Cara Budidaya Ikan Gabus
  • Budidya Ikan Nila

Tempat Berbagi Informasi Kehutanan Indonesia

Selain dari tiga label diatas, jokowarino.com juga membahas tentang informasi kehutanan indonesia, memang benar-benar lengkap situs ini. Hampir semua tentang pertanian dan sejenisnya dapat kita temui disini. Kalau diatas sepuluh artikel maka di bawah ini hanya akan saya sampaikan beberapa contoh judul artikel saja. Untuk yang lebih lengkapnya kunjungi saja jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia.
  • Langkah Untuk Mencegah Kebakaran Hutan
  • Fungsi Kayu Jati Untuk Pembangunan
  • Teori Lokasi Pengembangan Wilayah Kehutanan
Oke, di atas adalah contoh untuk label kehutanan. Untuk kategori ilmu pengetahuan tidak akan saya shara di sini. Untuk langsung melihatnya langsung saja ke TKP. Tetapi untuk kategori manfaat dan khasiat akan saya beri sedikit contoh judul artikel yang bisa anda temui di jokowarino.com :
  • Manfaat Buah Duku
  • Kehebatan Buah Rambutan
  • Fungsi Blimbing Untuk Kesehatan
  • Fungsi Buah Kedondong
  • Rahasia Buah Manggis
  • Kandungan dan Manfaat Buah Durian
Nah, itu merupakan review dari segi isi website, kali ini dari segi tampilan. Tampilan dari jokowarino.com sangat simple, dan nyaman untuk dibaca, sehingga akan membuat anda betah berlama-lama di situs ini. Selain itu juga bahasa yang digunakan pada situs ini menggunakan bahasa yang sangat interaktif dan mudah dipahami. Berikut ini merupakan screen shots dari website mas Joko.
Sangat simple bukan?? ditambah lagi loading yang ringan akan membuat kita semakin nyaman dalam belajar ilmu pertanian indonesia. Walaupun tampilannya sangat sederhana, yang pentingkan isinya sangat berbobot dan berkualitas. Setiap hari pasti update artikel, yang membuat situs ini semakin lengkap dan kaya akan informasi. Yang mau belajar bertani, beternak ikan dan lain sebagainya bisa disitus ini.

Kayaknya panjang juga artikel ini, tidak sadar bisa menulis konten sebanyak ini. Terlalu semangat kayaknya untuk menulis tentang jokowarino.com informasi pertanian. Tidak apalah, yang penting bisa share dengan sahabat-sahabat kita punya, yang semoga dalam kondisi yang sehat wal'afiat. Aamiin. Yang suka dengan artikel ini mohon share dan likenya ya, yang sudah mau share saya ucapkan terimakasih banyak, semoga Allah memudahkan urusan kita di dunia dan akhirat. Dan InsyaAllah kita di diberi kebahagian dunia dan akhirat, aamiin. Kembali lagi ke topik pembicaraan pada malam hari ini, ee sudah cukup sajalah. Sudah capek dan mengantuk.

Sebelum saya tutup saya ingin berbagi sedikit tentang pribadi saya, saya yang biasa dipanggil dengan Rahmad adalah seorang pelajar yang sangat tertarik dengan dunia perkebunan dan perikanan. Setelah lulus nanti saya ingin memiliki perkebunan mangga, jeruk dan buah-buah lainnya, disamping itu juga saya ingin memiliki kolam-kolam yang ingin saya gunakan untuk berbudidaya ikan. Ikan yang ingin saya budidaya adalah ikan nila dan ikan lele, kedua ikan tersebut merupakan ikan yang paling laku dipasarn, ditambah mudah dalam perawatan.  Selain ikan nila dan lele juga ditambah dengan udang dan ikan bawal. Pastinya saya harus terus belajar tentang perikanan dan perkebunan, salah satunya di jokowarino.id

Keinginan selanjutnya ingin memiliki toko yang menjual buah-buahan hasil perkebunan dan memiliki restaurant yang menjual masakan ikan nila dan lele. Itu cita-cita saya, yang akan saya perjuangkan. Saya rasa cukup sampai disini saja, karena ini merupakan paragraf terakhir maka saya ucapkan banyak terimakasih bagi anda yang sudah mau berkunjung dan membaca artikel ini yang berjudul jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian Indonesia.  Sampai jumpa di artikel berikutnya, like fanspage kami untuk mendapatkan informasi terbaru dari Kita Punya.
Load disqus comments

4 comments