Inilah Fungsi Pompa Power Steering

Inilah Fungsi Pompa Power Steering. Hampir semua kendaraan pada saat ini sistem kemudinya sudah dilengkapi dengan power steering, power steering ini berfungsi untuk meringankan kerja pengemudi dalam membelokkan roda. Salah satu komponen dari power steering adalah pompa power steering, lalu apakah fungsi dari pompa power steering ini??

Baca : Pengertian Power Steering Pada Sistem Kemudi

Secara umum yang namanya pompa, pasti digunakan untuk memompa, menekan, mensirkulasikan dan lain sebagainya. Pada power steering pompa ini berfungsi untuk membangkitkan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk tekanan kerja. Dibawah ini merupakan gambar dari pompa power steering.

Pompa Power Steering
Pompa Power Steering

Pompa power steering pada saat ini tipenya banyak sekali, sebagai contoh : pompa torak, membran, plunger, roda gigi luar, roda gigi dalam, vane, screw dan lain-lain. Tekanan yang diperlukan merupakan tekanan secara menerus (continue), sehingga tipe pompa yang digunakan adalah tipe Vane atau Rofda Gigi. Pompa menghasilkan tekanan dengan memanfaatkan putaran mesin, sehingga volume pemompaan sebanding dengan putaran mesin.

Kontruksi Pompa Power steering
Jika secara kontruksi atau cara kerja bisa dilihat pada gambar diatas, komponennya terdiri dari rotor shaft, vane plate, rotor, cam ring, dan lain sebagainya. Karena artikel ini hanya berjudul fungsi power steering, maka tidak saya beri penjelasan mengenai cara kerjanya. Dilain kesempatan saja, he he.

Nah gimana, sudah tahukan fungsi dari pompa power steering, bila ingin mengetahui cara kerja dari pompa power steering ikuti terus perkembangan blog ini. Bisa dengan like kami di Facebook, anda juga akan mendapatkan kelebihan bisa belajar otomotif sambil facebooka. Oke Sampai disini saja artikel, saya ucapkan terimakasih banyak dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Load disqus comments

2 comments