Ini Arti Kode Spesifikasi Yang Terdapat Pada Ban

Yogyakarta, 5 Maret 2015 - Ini Arti Kode Spesifikasi Yang Terdapat Pada Ban - Pada kendaraan ban merupakan komponen yang sangat penting, tanpa ban mungkin kendaraan tidak bisa berjalan dengan semestinya. Pada mobil atau kendaraan ban berfungsi untuk menopang seluruh beban kendaraan, dan menjadi bagian yang selalu bersentuhan dengan jalan. Ban juga berfungsi sebagai peredam kejutan yang diakibatkan oleh permukaan jalan, karena ban memiliki sifat elastis.

Pada ban biasanya terdapat kode spesifikasinya, biasanya terletak dibagian samping. Kita Punya | Belajar Otomotif kali ini akan share tentang arti kode spesifikasi yang terdapat pada ban. Untuk lebih memahami, perhantikanlah gambar dibawah ini. Kode spesifikasi pada ban bias dapat dibagi menjadi dua yaitu :
Kode Pada Ban
Kode Pada Ban
a) Kode Spesifikasi pada Ban dengan ban dalam
10.0 – R – 20 – 14PR
Keterangan :
10.0 : Lebar ban (inchi)
R : Konstruksi radial
20 : Diameter rim (inchi)
14PR : Kekuatan ban (PR)

b) Kode Spesifikasi pada Ban tubeless

11 – R – 22.5 – 14PR

Keterangan :
11 : Lebar ban (inchi)
R : Konstruksi radial
22.5 : Diameter Rim (Inchi)
14PR : Kekuatan ban (PR)
Ada juga kode spesifikasi ban yang menggunakan metode ISO, ini terdapat pada ban tipe radial. Berikut ini contohnya :

a)Ban radial ultra flat

225 / 70 – R – 22.5 – 140 – 137 – J

Keterangan :
225 : Lebar ban (inchi)
70 : Rasio Ketebalan 
R : Konstruksi radial
22.5 : Diameter Rim (Inchi)
140 : Indek muatan (roda tunggal)
137 : Indek muatan (roda ganda)
J : Simbol kecepatan

Sekilas tentang Play Rating (PR) 
Rating merupakan satu istilah yang terdapat pada kode ban dan dipakai untuk menyatakan kekuatan ban, berdasarkan pada kekuatan serat katun yang ditentukan oleh JIS (Standar Industri Jepang). Semakin banyak jumlah lapisan yang terdapat ban tersebut, maka semakin tinggi kekuatan ban. Bisa dikatan jumlah ini menyatakan berapa banyak lapisan benang katun (carcass) yang membentuk kerangka ban yang sama. 14PR tidak berarti bahwa ban mempunyai 14 lapisan serat katun.

Demikian artikel tentang Ini Arti Kode Spesifikasi Yang Terdapat Pada Ban. Baca juga : Info Mobil Bekas & Baru Jakarta Hari Ini Jualmobilbekas.hol.es
Load disqus comments

0 comments