Tipe-tipe Ban (Ban Bias dan Ban Radial)

Kita Punya | Jenis-jenis atau Tipe-tipe ban (ban bias dan ban radial). Pada suatu kendaraan atau mobil ban merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menopang seluruh berat kendaraan, bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan. Fungsi yang selanjutnya adalah untuk menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan  yang tidak rata. Ban dipasangkan pada pelek roda.

Menurut kontruksinya ban dapat dibagi menjadi dua tipe ban bias (bias-ply-tyre) dan ban radial (radial-ply-try). Perbedaan dari kedua tipe ban tersebut salah satunya terletak pada carcass. Carcass merupakan rangka ban yang keras dan cukup kuat yang berfungsi untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. Langsung saja berikut ini merupakan penjelasan dari kedua tipe ban diatas.


Ban Bias
Ban tipe ini dibuat dengan lapisan serat arah miring. Carcass pada ban tipe ini disusun dari lapisan benang yang membentuk sudut 30 derajat sampai 40 derajat terhadap garis tengah. Kelebihan dari ban bias ini adalah memiliki tapak (tread) yang memiliki daya serap terhaap benturan yang baik sehingga memberikan kenyamanan berkendaraan. akan tetapi kelemahannya yaitu kemampuan belok membelok dan ketahanan ausnya kurang apabila dibandingkan dengan ban radial, hal ini dikarenakan pada saat menerima beban arah vertikal, lapisan benang uada ban bias akan cenderung menggeliat.

Ban Bias
Ban Bias
Ban Radial
Carcass ban radial terdiri dari lapisan benang yang tegak lurus dengan garis tengah ban. Kontruksi seperti ini membuat ban radial fleksibel (lentur) terhadap arah radial, tetapi kurang tahan terhadap beban memanjang ke sekeliling roda. Maka dari itu ban tipe radial ini dilengkapi dengan belt yang terbuat dari benang tekstil kuat atau kawat yang dibalut karet. Susunan seperti ini membuat tread menjadi lebih kaku. Tipe ban ini, sabuk terbuat dari serat baja. Ban ini disebut ban radial baja. Tapaknya lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan keausan daripada tipe bias, namun kurang nyaman/nikmat pada saat melewati jalan yang tidak rata dengan kecepatan kendaraan,

Ban Radial
Ban Radial
Demikian tipe-tipe ban menurut kontruksinya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih. Baca juga : Inilah akibat jika tekanan ban tidak sesuai spesifikasi

Bantu like dan sharenya dong, di artikel ini : Klikoffice.co.id Belanja Online Peralatan dan Perlengkapan Kantor. Yang sudah berkenan membantu saya ucapkan terimakasih, semoga sukses selalu. Aamiin.
Load disqus comments

0 comments