Sistem Kode Spesifikasi Pelek Roda

Kita Punya | Sistem Kode Spesifikasi Pelek Roda - Postingan sebelumnya tentang bagian dan tipe pelek roda. Pelek atau rim dapat dibagi menjadi dua tipe, tipe baja pres dan tipe campuran besi tuang. Pelek dilaskan menjadi satu dibagian luar disekeliling roda untuk memungkinkan pemasangan ban.

Kode spesifikasi dari pelek roda terdapat pada permukaan pelek itu sendiri, biasanya meliputi lebar pelek, bentuk dan diameter pelek. Berikut ini merupakan kode spesifikasi dari pelek roda :
Kode Spesifikasi Pelek Roda
Kode Spesifikasi Pelek Roda
Sebagai contoh misalnya pada suatu pelek roda terdapat kode : 5.50 F x 15 SDC
Keterangan :
5.50 : Lebar pelek (dalam inchi)
F : Bentuk flens pelek
15 : Diameter pelek (dalam inchi)
SDC : Tipe rim

Rim Wheel dapat dibagi menjadi enam kategori atau tipe, yaitu
Divided Type Rim (D.T)
Drop Center Rim (D.C)
Wide Drop Center Rim (W.D.C)
Semi Drop Center Rim (S.D.C)
Flat Base Rim
Interim Rim (I.R)

Ke-enam kategori diatas berdasarkan pada Standar Industri Jepang (JIS). Dari keenam kategori pelek roda tersebut tipe D.T biasa digunakan untuk mobil kecil, mesin pertanian dan kendaraan industi (forklift dsb). Sedangkan untuk tip D.C dan W.D.C digunakan pada mobil-mobil sedan dan truk kecil. Untuk tipe I.R dan Flat Base Rim diguanakan pada kendaraan besar seperti truk dan bus.

Saya kira cukup sampai disini saja artikel tentang sistem kode spesifikasi pelek roda, semoga dapat menambah wawasan kita tentang otomotif. Artikel ini di share oleh : Kita Punya | Belajar Ilmu Otomotif
Load disqus comments

0 comments