Mekanisme Pengontrol Pemindah Roda Gigi

GEAR SHIFT CONTROL MECHANISME- Mekanisme pengontrol pemindahan roda gigi (gear shift control machanisme) berfungsi untuk menyediakan hubungan antara pengemudi dengan bekerjanya transmisi. Sehingga mekanisme pengontrol pemindahan gigi merupakan sarana untuk mengendalikan bekerjanya transmisi yang dilakukan oleh seorang pengemudi. Dengan demikian pengemudi dapat memilih gigi kecepatan yang dianggap sesuai dengan kondisi kecepatan dan beban kendaraan, melewati tempat duduknya.

Apabila dilihat dari konstruksi mekanisme pengoperasiannya, maka gear shift control mechanisme dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sistem pengontrol langsung, dan sistem remote control. Untuk tipe remote control masih dibagi menjadi dua lagi, yaitu tipe column shift dan tipe floor shift.


1. Tipe pengontrol langsung (Direct Control)
Pada mekanisme pengontrol pemindah roda gigi tipe ini, tuas pemindah terletak langsung pada transmisi. Tipe ini pada umumnya digunakan pada kendaraan bertipe FR (Front engine Rear Drive) atau mesin depan penggerak roda belakang. Tipe pengontrol langsung ini apabila dibandingkan dengan tipe remote control memiliki beberapa keuntungan, diantaranya sebagai berikut :
  • Tipe ini mempunyai keuntungan :Pemindahan gigi lebih cepat.
  • Pemindahan lebih lembut dan mudah
  • Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah.
Tipe Direct Control
Tipe Direct Control

2. Tipe Remote Control. 
Pada tipe ini transmisi terpisah dari tuas pemindah atau shift lever. Shift lever terletak pada steering column (steering column type) pada kendaraan tipe FR (mesin depan penggerak roda belakang) atau terletak pada lantai (floor shift type) pada kendaraan FF (mesin depan penggerak roda depan). Untuk mencegah getaran dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah, maka digunakan insulator karet (rubber insulator).

a. Tipe Column Shift
Sistem ini dipergunakan agar samping pengemudi ruangannya dapat dipergunakan untuk tempat duduk. Tuas pemindah pada tipe ini terletak pada bagian kemudi yaitu steering column, sehingga mekanisme pengontrol pemindah roda gigi tipe ini disebut dengan column shift. Contoh pada kendaraan adalah dipergunakan pada mobil Mitsubishi L300. Tipe ini banyak juga kita jumpai pada kendaraan besar seperti bus dan truck. Sistem pemindah gigi handel pada kemudi konstruksinya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Tipe column Shift
Tipe Column Shift
Penggunaan : Pada kendaraan dengan transmisi terletak di belakang sopir. FR (Front Engine Rear Drive = Mensin depan penggerak roda belakang).
Catatan : Konstruksi rumit
Diperlukan service berkala seperti :
  • Memberi vet pada semua engsel yang bergerak
  • Pada jangka waktu tertentu perlu perbaikan sambungan – sambungan


b. Tipe Floor Shift
Pada tipe ini tuas pemindah diletakkan di lantai (floor) dekat tempat duduk pengemudi. Sistem ini menggunakan kabel baja elastis untuk menggerakkan garpu pembebas transmisi, sehingga tipe floor shift ini biasa disebut juga dengan pengontrol pemindah roda gigi tipe baja elastis. Tipe ini dipergunakan pada kendaraan sedan dengan front wheel drive dan mesin me-lintang. Sistem ini lebih fleksibel dan mampu untuk menjangkau posisi transmisi yang sulit yang tidak memungkinkan digunakan kedua sistem sebelumnya.
Tipe Floor Shift
Tipe Floor Shift
Penggunaan : Pada kendaraan mesin depan penggerak roda depan (FF)
Catatan : Perlu sedikit perawatan seperti :
  • Melumas sambungan
  • Penyetelan panjang kabel
Load disqus comments

0 comments