Ini Fungsi Transmisi Pada Kendaraan

Pada kendaraan terdapat sistem pemindah tenaga, dimana sistem ini terdiri dari beberapa komponen yaitu kopling, transmisi, propeller shaft, differential, dan lain sebagainya. Yang akan saya bahas kali ini adalah fungsi transmisi pada kendaraan.


Transmisi terletak di antara kopling dan propeller shaft. Berikut ini merupakan gambar letak transmisi pada kendaraan.
Letak Transmisi Pada Kendaraan
Fungsi transmisi pada kendaraan adalah :
1. Mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi jalan.
2. Merubah arah putaran roda. Sehingga kendaraan dapat maju dan mundur.
3. Memutuskan dan menghubungkan putaran, sehingga kendaraan dapat berhenti sementara mesin
hidup.

Transmisi dipasang pada kendaraan bertujuan untuk mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi jalan, ketika berada pada jalanan yang menanjak, atau ketika mobil berjalan pertama kali, maka kendaraan membutuhkan momen yang besar, transmisi akan memperbesar momen ini sehingga kendaraan dapat kuat melewati jalanan yang menanjak, tetapi untuk menghasilkan momen yang besar ini disertai dengan penurunan kecepatan, pada saat ini transmisi berada pada tingkat gigi terendah. 

Berbeda lagi ketika berada di jalan yang mendatar, kendaraan sudah tidak lagi membutuhkan momen yang besar, sehingga transmisi akan memperkecil momen dan kecepatan mobil meningkat. Pada saat ini transmisi berada pada tingkat gigi tertinggi.

Fungsi transmisi yang kedua adalah untuk merubah arah putaran roda, sehingga memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur, dan fungsi yang ketiga adalah dengan adanya transmisi makan kendaraan dapat berhenti dalam keadaan mesin hidup, ini merupakan posisi netral.

Pada transmisi manual ada tiga tipe yang sering digunakan pada kendaraan, yaitu transmisi tipe synchromesh, tipe sliding mesh dan tipe constant mesh.
Load disqus comments

1 comments: