Bagian dan Tipe dari Pelek Roda Mobil

Kita Punya | Belajar Ilmu Otomotif - Bagian dan Tipe dari Pelek Roda Mobil - Pada kendaraan atau mobil terdapat komponen yang bernama roda, roda dapat dibagi menjadi pelek dan ban. Roda dapat kita ibaratkan sebagai kaki, roda akan meluncur diatas permukaan jalan sambil menopang berat kendaraan. Sedangkan ban memiliki fungsi untuk meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan permukaan jalan dan mencegah kejutan ini berpindah ke body. Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan, dengan demikian mengontrol gerak awal, percepatan,  perlambatan, pengereman dan belokan.

Ban dipasang pada roda-roda, lebih spesifiknya yaitu pelek (disc wheel). Karena roda merupakan bagian yang penting pada suatu kendaraan, maka ban dan pelek harus cukup kuat untuk menahan beban vertikal dan horisontal, beban pengendaraan dan pengereman dan berbagai macam beban yang terpusat pada ban dan pelek. 

Tipe dari Pelek Mobil
Pelek atau disc wheel dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu pelek baja press dan pelek dari bahan campuran besi tuang. 

Pelek tipe baja press terdiri dari rim yang dilas ke disc. Disc dibuat dari bahan lembaran baja yang dipres. Kelebihan dari pelek tipe ini adalah lebih awet, kuat dan kualitasnya merata.
Pelek Tipe Baja Press
Pelek Tipe Baja Press

Sedangkan pelek dari bahan campuran besi tuang terbuat dari bahan yang terdiri dari campuran alumunium atau magnesium. Kelebihan pelek tipe ini adalah dapat mengurangi berat dan menambah penampilan kendaraan yang modis.

Pelek dari Campuran Besi Tuang
Pelek dari Campuran Besi Tuang

Bagian-bagian Pelek Roda Mobil
Bagian-bagian dari Pelek Mobil
Bagian-bagian dari Pelek Mobil
Bagian-bagian dari pelek mobil dapat anda lihat pada gambar diatas, bagian-bagian tersebut adalah : center hole, opening, valve hole, rim, disc, bead seat, well (drop center), hump. flange. Pada gambar diatas dapat kita liha rim width (lebar pelek) dan rim diameter (diameter pelek).
Load disqus comments

0 comments