pengertian sudut dwell

Pengertian Sudut Dwell dan Sudut Pengapian

Diposting pada 66,534 views

Pengertian Sudut Dwell dan Sudut Pengapian – Pada sistem pengapian konvensional yang masih menggunakan platina (breaking point) terdapat celah platina yang mempengaruhi besar kecilnya sudut dwell.

Ada dua sudut yang biasa dikenal pada kendaraan khusunya pada sistem pengapian, yakni sudut dweel dan sudut pengapian. Lalu apa pengertian kedua sudut tersebut? Berikut ini  penjelasannya :  

Pengertian Sudut Pengapian

Sudut pengapian adalah sudut putar cam distributor dari saat platina mulai membuka sampai mulai membuka lagi pada tonjolan kam berikutnya. Pada gambar dibawah yang merupakan sudut pengapian adalah sudut warna biru. Untuk menghitung sudut pengapian dapat dilakukan sebagai berikut:: Sudut Pengapian =  360 : Z


Dimana “z” adalah jumlah silinder.

Pengertian Sudut Dwell

Sudut dwell adalah sudut putar cam distributor yang dibentuk pada saat platina mulai menutup sampai mulai membukan pada tonjolan berikutnya (warna merah). Sudut dwell juga bisa disebut sudut lamanya platina menutup atau lamanya arus primer mengalir.

Spesifikasi sudut dwell pada mesin 4 silinder adalah 52 plus minus 6 (toyota kijang). Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung sudut dwell.

Rumus sudut dwell = 60 % x sudut pengapian Sudut dwell dapat disetel dengan merubah celah platinanya, dengan memperbesar celah platina maka sudut dwell semakin kecil, dan sebaliknya jika memperkecil celah platina maka sudut dwell akan semakin besar. Sudut dwell dapat diketahui dengan alat yang bernama dwell tester.  

Demikian artikel tentang pengertian sudut dwell dan sudut pengapian, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.