Pengertian Engine Over Haul

Overhaul merupakan suatu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti pemeriksaan yang sangat teliti, jadi dapat kita kembangkan lagi tentang pengertian atau definisi engine over haul yaitu kegiatan pembongkaran komponen komponen kendaraan, kemudian diperiksa dengan sangat teliti agar didapat data-data yang valid, sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat atau sesuai.

Overhaul tidak hanya sebatas pada mesin saja, tetapi over haul juga ada pada komponen lainnya seperti OH Rem, OH Karburator, OH, Transmisi, OH Distributor dan lain sebagainya. Kembali ke topik utama yakni tentang pengertian engine over haul, di atas sudah di jelaskan tentang definisi dari over haul itu sendiri.

Jadi engine over haul adalah suatu kegiatan pembongkaran mesin (engine) pada kendaraan, dan kemudian komponen mesin tersebut diperiksa dengan sangat teliti supaya didapat data-data yang valid sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat. Serta masalah pada engine tersebut teratasi.

Orang awam sering menyebutkan engine overhaul sebagai turun mesin. Pada saat melakukan engine over haul banyak komponen-komponen mesin yang diperiksa dengan sangat teliti, seperti piston, poros engkol, block silinder, mekanisme katup, poros nok dan lain sebagainya.
Engine Over Haul
Engine Over Haul
Biasanya engine overhaul dilakukan karena adanya masalah pada bagian mesin seperti, adanya suara abnormal, kompresi rendah atau adanya oli yang terbakar akibat ausnya ring piston atau silinder pada block silinder, kerusakan pada piston, batang piston, poros engkol dan lain sebagainya.

Selain engine over haul juga ada yang namanya engine semi over haul, yaitu pembongkaran hanya setengah mesinnya saja tidak sampai pada block silinder, ini dilakukan ketika terjadi bercampurnya oli dan air akibat kepala silinder melengkung, ditambah gasket kepala silinder yang sudah rusak. Atau kerusakan pada mekanisme katup, poros nok, dan lain sebagainya.

Untuk melihat lengkap cara atau prosedur melakukan engine overhaul (turun mesin) dapat mendownload buku manual berikut ini : Buku Pedoman Reparasi (Buku Manual) Toyota seri K

Jika ada tambahan, kritik atau saran sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Tentu kami akan sangat merasa senang atas partisipasi anda. Terimakasih.

Load disqus comments

0 comments