partai politik

Pengertian dan Fungsi Partai Politik

Diposting pada 2,739 views

Berikut adalah pengertian partai politik menurut para ahli :

Partai politik (parpol) merupakan salah satu sarana bagi warga negara untuk berpartisipasi di bidang politik pada suatu negara. Partai politik merupakan peserta pemilu yang mengusung para calon wakil rakyat.

Berikut ini pengertian partai politik meneurut para ahli :

1. Mirriam Budiarjo

Partai politik yaitu organisasi/golongan yang berusaha untuk memperoleh dan menggunakan kekuasaan.

2. Robert Mac Iver

Partai politik yaitu perkumpulan terorganisir untuk menyokong suatu prinsip atau kebijakan, yang oleh perkumpulan itu diusahakan dengan cara-cara yang sesuai dengan konstitusi, agar menjadi penentu cara melakukan pemerintahan.

3. Sigmund Neumann (Modern Pilitical Parties)

Pengertian Partai politik menurut Sigmun Neumann yaitu organisasi dari aktivitas-aktivitas politik yang berusaha untuk menguasai kekuasaan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan golongan lain (parpol lain) yang mempunyai pandangan berbeda.  

Di wikipedia partai poltik didefinisikan sebagai organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Partai politik juga merupakan suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama.   

Didalam UU RI No. 31 Tahun 2002 tentang Partai Politik menyatakan bahwa melalui partai politik rakyat dapat mewujudkan haknya untuk menyatakan pendapat tentang arah kehidupan dan masa depannya dalam bermasyarakat dan bernegara.  

Partai politik merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem politik demokrasi. Penataan kepartaian harus bertumpu pada kaidah-kaidah kedaulatan rakyat, yaitu memberikan kebebasan, kesetaraan, dan kebersamaan. Kebersamaan merupakan wahana untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. 

Partai politik merupakan organisasi/golongan yang bertujuan untuk memperoleh dan mengendalikan kekuasaan politik atau pemerintah dan kemudian berusaha melaksanakan kebijaksanaan dengan cara menempatkan anggotannya dalam jabatan politik atau pemerintah melalui cara konstitusional.

Baca artikel : Pengertian Pemilu

Fungsi Partai Politik

Dan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut :   

1. Sebagai sarana komunikasi politik

Partai politik sebagai sarana komunikasi politik, artinya partai politik menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengaturnya, menggabungkan kepentingan, serta merumuskan kepentingan. Partai politik berberan sebagai penghubung antara pemerintah dengan warga negara, masksudnya :

  • bagi pemerintah, partai politik sebagai alat pendengar
  • bagi masyarakat, partai politik sebagai pengeras suara rakyat

Fungsi partai politik sebagai sarana pengawas politik, berarti mengawasi kebijaksanaan pemerintah untuk masyarakat.

2. Sarana sosialisasi politik

Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik, artinya partai politik memasyarakatkan ajaran politik dan orientasi terhadap gejala politik yang berlaku. Dan juga memperkalkan kepada masyarakat umum tentang politik di negaranya. 3. Sarana rekruitmen politik Artinya partai politik mencari dan mengajak warga negara yang berbakat dan memiliki kemampuan untuk turut aktif dalam kegiatan politik sebagai salah satu anggota politik didalam suatu negara.

4. Sarana pengatur konflik

Artinya partai politik dapat mengatasi bebagai konflik yang terjadi, seperti persaingan, dan perbedaan yang mengakibatkan terjadinya konlik di masyarakat.  

Sigmund Neumann berpendapat bahwa partai politik berfungsi :

1. Di negara yang demokratis, fungsi partai politik yaitu untuk mengatur keinginan dan aspirasi yang dimiliki golongan-golongan tertentu didalam masyarakat.

2. Di negara yang komunis, fungsi partai politik adalah untuk mengendalikan semua aspek kehidupan secara monolitik dan rakyat dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup yang sebanding dengan kepentingan partai.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.