Dasar Kerja Air Conditioner (AC)

Prinsip dasar dari pada sistem air conditioner adalah dengan mengunakan jalan penguapan zat pendingin untuk mendinginkan temperatur pada suatu ruangan. Secara garis besar (dasar) air conditioner terdiri dari komponen komponen seperti kompresor, kondensor, katup expansi, dan evaporator. Berikut ini merupakan dasar kerja air conditioner


Dasar Kerja Air Conditioner
Dasar Kerja Air Conditioner
Pada sistem ac zat pendingin (refrigerant) berfungsi sebagai zat yang akan menguap dan mendinginkan temperatur udara.

1. Tahap pertama
Kompressor akan menghisap gas refrigerant yang bertekanan dan bersuhu rendah dari evaporator dan menekannya sehingga refrigerant dapat bersirkulasi, karena mendapat tekanan dari kompresor maka refrigerant setelah melalui kompresor memiliki tekanan dan suhu tinggi, serta bentuknya gas.

2. Tahap kedua
Gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi ini kemudian menuju ke kondensor. Pada kondesor terjadi pelepasan panas sehingga gas bertekanan tinggi akan mengalami penguapan yang akhirnya berubah dalam bentuk cair dengan tekanan tetap tinggi. Kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas refrigerant, sehingga letak daripada kondensor biasanya terletak pada depan kendaraan, lebih tepatnya di depan radiator.

3. Tahap ketiga
Setelah melalui kondensor, refrigerant yang bebentuk cair dan bertekanan tinggi ini selanjutnya mengalir menuju katup ekspansi (expansion valve). Refrigerant kemudian disemburkan oleh katup expansi hingga tekanan refrigerant turun, dan berubah menjadi uap jenuh.

4. Tahap keempat
Uap refrigerant ini akan mengalir menuju evaporator. Pada evaporator penguapan terjadi lebih cepat karena refrigerant menyerap panas di sekelilingnya. Penguapan ini akan membuat refrigerant berubah menjadi gas, dan memiliki tekanan rendah dan suhu rendah.


Penting !! Yang perlu diingat bahwa diatas merupakan dasar kerja dari air conditioner, dan bukan merupakan cara kerja air conditioner. Karena hanya dasar maka komponennya masih terbatas, belum terdapat receiver/dryer, blower, dan lain sebagainya. Ini hanya digunakan sebagai dasar atau konsep pemahaman awal saja, untuk tingkat yang berikutnya silahkan tunggu, he he.
Load disqus comments

0 comments