Suspensi Tipe Rigid dan Independent

Sistem suspensi merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk meningkatkan kenyaman ketika berkendara dengan menyerap kejutan, getaran maupun oskilasi yang diterima dari jalan. Menurut kontruksinya suspensi dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu rigid dan model bebas (independent).


1. Suspensi Rigid
Suspensi tipe rigid adalah suspensi dimana roda kiri dan kanan dihubungkan dengan axle tunggal. Axle ini dihubungkan ke body dan frame melalui spring/pegas (leaf spring atau coil spring). Suspensi rgid banyak digunakan pada roda depan dan belakang bus dan truck dan pada roda belakang mobil penumpang. Salah satu keuntungan suspensi tipe rigid ini adalah kontruksinya yang sederhana dan kuat. Tetapi memiliki kelemahan kenyamanan berkurang, hal ini karena roda roda satu sama lain saling mempengaruhi, ketika roda kiri melewati lubang maka roda kanan juga ikut terpengaruhi, bodi kendaraan miring sehingga kenyamanan yang didapat akan kurang.
Suspensi Model Rigid
Suspensi Model Rigid


2. Suspensi Model Bebas (Independent)
Berbeda dengan suspensi tipe rigid yang roda kiri  dan kanannya dihubungkan dengan axle tunggal, pada suspensi independent ini antara roda kiri dan roda kanan tidak dihubungkan dengan axle tunggal. Kedua roda dapat begerak bebas tanpa saling mempengaruhi. Biasanya suspensi model bebas ini digunakan pada roda depan mobil penumpang dan truck kecil. Sekarang suspensi model bebas digunakan juga pada roda belakang mobil penumpang. 

Pada suspensi ini ketika salah satu roda berada pada jalan yang berlubang maka roda yang lainnya tidak akan terpengaruhi, sehingga kenyaman yang didapat akan lebih maximal. Suspensi ini memiliki unsprung weight yang lebih rendah sehingga menghasilkan kontak roda dengan jalan yang lebih baik, dan akan memperbaiki stabilitas pengemudian. Biasanya suspensi tipe ini digunakan pada mobil penumpang menawarkan kenyaman lebih tinggi. Tetapi memeliki kekurangan harganya lebih mahal dan kontruksinya pun lebih rumit.

Suspensi Model Independent
Suspensi Model Independent
Load disqus comments

0 comments