Pengertian dan Fungsi Dasar Negara

Pengertian Dasar Negara
Setiap bangsa mendirikan negara didasarkan pada dasar negara tertentu. Dasar negara adalah prinsip atau norma dasar yang harus dijadikan dasar dan sumber hukum negara. Norma-norma dasar yang ada dalam dasar negara dijabarkan dalam konstitusi yang merupakan aturan pokok hukum tata negara suatu negara. Di Indonesia hubungan dasar negara Pancasila dengan konstitusi dapat dilihat dari hubungan sila-sila yang tercantum dalam Pembukaan dengan pasal-pasal yang termuat dalam batang tubuh UUD 1945.
 
Pengertian dasar negara sering juga disebut dengan dasar filsafat negara atau ideologi negara. Dasar filsafah negara itulah yang merupakan fundamen, filsafat, pikiran, jiwa, hasrat sedalam-dalamnya untuk diatasnya didirikan gedung negara yang merdeka, bersatu dan berdaulat. Begitu pula negara Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 mempunyai dasaf falsafah negara Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara, artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar penyelenggaraan negara yang dalam perwujudannya dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum negara Republik Indonesia.

Dasar Negara
Dasar Negara
Setiap negara yang merdeka dan berdaulat memiliki dasar negara yang berbeda. Perbedaan dasar negara itu sangat dipengaruhi nilai-nilai sosial budaya, patriotisme, nasionalisme, yang telah terkristalisai dalam perjuangan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan negara yang hendak dicapai. Contoh bangsa Amerika dan bangsa-bangsa barat lainnya umumnya menganut paham liberalis (kebebasan), sampai tahun 1990-an bangsa-bangsa Eropa Timur, Uni Soviet, RRC, Korea Utara menganut ideologi sosialis (kerakyatan) atau komunis, bangsa Indonesia menganut ideologi pancasila. 


Fungsi Dasar Negara
Pada umumnya dasar negara dipergunakan oleh bangsa pendukungnya sebagai berikut :
1. Dasar berdiri dan tegaknya suatu negara
Pemikiran yang memperdalam tentang dara negara lazimnya muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan negara. Oleh karena itu, negara berfungsi, dasar negara diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.
2. Dasar Kegiatan penyelenggara negara
Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita demi tujuan nasional bangsa yang bersangkutan di bawah pimpinan penyelengara negara. Agar para penyelenggara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara.
3. Dasar partisipasi warga negara
Semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban sama untuk mempertahankan negara dan berpartisipasi dengan upaya bersama mencapi tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajiban itu seluruh warga negara harus berpedoman kepada dasar negara.
4. Dasar pergaulan antarwarga negara
Dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga negara dengan negara, melainkan juga bagi perhubungan antar warga negara.
5. Dasar dan sumber hukum nasional
Seluruh aktifitas penyelenggara negara dan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara haruslah didasarkan pada hukum yang berlaku. Oleh karena itu, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggara negara harus berdasarkan pada dasar negara.
Load disqus comments

0 comments