Macam-macam Pegas Pada Sistem Suspensi

Didalam sistem suspensi pegas merupakan kawan dari shock absorber yang keduanya menjadi komponen utama pada sistem suspensi. Pegas mempunyai fungsi untuk menyerap kejutan, getaran, dan oskilasi yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata, sehingga tidak diteruskan ke bodi. Selain itu pegas juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kemampuan cankeraman roda-roda terhadap jalan.

Pada saat ini ada beberapa macam pegas yang banyak kita jumpai di kendaraan. Di antaranya ada pegas koil, pegas daun dan pegas batang torsi. Ke-tiga macam pegas tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta karakteristik yang berbeda-beda.


1. Pegas Koil (Coil Spring)
Pegas koil ini terbuat dari batang baja khusus dan berbentuk spiral. Pegas ini banyak digunakan pada kendaraan kecil kecil terutama kendaraan yang mementingkan kenyamanan penumpang, sebagai contoh adalah mobil sedan. Pegas coil memeliki kelebihan dapat menyerap getaran atau kejutan lebih besar (baik) daripada pegas daun dan pegas batang torsi, dan lengkah pemegasan panjang. Tetapi memiliki kerugian tidak dapat meredam dirinya sendiri, tidak dapat menerima gaya horizontal. Pegas koil dapat digunakan pada suspensi independen dan axle rigid.

Pegas Koil (Coil Spring)
Pegas Koil (Coil Spring)

2. Pegas Daun (leaf spring)
Pegas daun dibuat dari bilah baja yang bengkok dan lentur. Pegas daun biasanya digunakan pada kendaraan angkutan seperti colt, truck, dan ada beberapa mobil penumpang yang juga menggunakan pegas tipe ini. Pegas ini mempunyai keuntungan kontruksinya lebih sederhana, dapat meredam getarannya sendiri, lebih kuat dan juga berfungsi sebagai lengan penyangga (tidak memerlukan lengan memanjang dan melintang). Sedangkan kerugiannya adalah dalam menyerap getaran atau kejutan tidak sebaik pegas koil, sehingga kenyamanan juga kurang. Pada pegas tipe ini biasanya yang paling banyak terjadi kerusakan adalah bushingnya. 

Pegas Daun (Leaf Spring)
Pegas Daun (Leaf Spring)

3. Pegas Batang Torsi (Torsion Bar Spring)
Hampir sama dengan kedua pegas sebelumnya, pegas ini sama sama dibuat dari batang baja tetapi batang baja ini bersifat elastis terhadap puntiran. Dengan puntiran inilah pegas ini dapat menyerap kejutan dan getara yang diakibatkan oleh permukaan jalan. Pegas batang torsi ini harganya lebih mahal, tetapi memiliki beberapa keuntungan kontruksi sederhana, tidak memerlukan banyak tempat, dapat menyetel tinggi bebas mobil dan lain sebagainya.

Pegas Batang Torsi
Pegas Batang Torsi

Demikian macam-macam pegas pada sistem suspensi. Baca juga artikel sebelumnya : Shock Absorber (Shock Breaker) Pada Suspensi


Load disqus comments

0 comments