Macam-macam Oskilasi Pada Body Kendaraan

Suspensi merupakan salah satu sistem dalam kendaraan yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara dengan cara menyerap getaran, kejutan dan oskilasi akibat dari permukaan jalan yang tidak rata. Beberapa hari yang lalu saya juga post tentang sistem suspensi, sehingga pada kesempatan ini saya akan kembali post tentang suspensi untuk melengkapi informasi yang ada pada blog ini.

Oskilasi atau goncangan dapat terjadi ketika mobil melalui jalan yang tidak rata atau bergelombang, oskilasi ini terjadi juga disebapkan oleh komponen-komponen suspensi yang sudah mulai rusak dan perlu diganti, seperti pegas lemah, shock absorber bocor, dan lain sebagainya. Guncangan ini tentu sangat mengurangi kenikmatan ketika mengemudikan kendaraan, lebih parah lagi dapat mengancam nyawa seseorang.


Ada beberapa macam oskilasi yang terjadi pada kendaraan, seperti pitching, rolling, bouncing, yawing. Berikut ini penjelasan tentang ke-empat macam oskilasi :

Oskilasi Bodi Kendaraan
Oskilasi Bodi Kendaraan

PITCHING
Dimulai dari oskilasi bodi kendaraan yang pertama yaitu pitching, pitching didalam bahasa indonesia berarti melemparkan. Secara terori pitching dapat diartiken sebagai gerakan (goncangan) bagian depan dan belakang kendaraan naik dan turun terhadap titik pusat grafitasi kendaraan. Gerakan atau goncangan ini seperti menganguk-angguk. Hal ini dapat terjadi terutama apabila mobil melaju dijalan yang bergelombang atau juga di jalan yang tidak rata dan berlubang, gejala pitching juga terjadi bila spring (pegas) yang digunakan lemah.


Gambar Pitching
Gambar Pitching


ROLLING
Arti rolling dalam bahasa indonesia adalah menggelinding, berombak-ombak. Rolling merupakan gerakan bodi kendaraan miring ke salah satu sisi kendaraan, kiri ataupun kanan. Ini terjadi ketika mobil berjalan atau berbelok di jalan yang bergelombang, sehingga akan menyebapkan salah satu sisi pegas (spring) pada kendaraan kendaraan akan mengembang, sedangkan sisi yang satunya lagi akan mengkerut. Rolling juga disebapkan karena tinggi kendaraan antara kanan dan kiri tidak sama (miring), bisa disebapkan oleh pegas yang sudah rusak, shock absorber salah satu rusak, keausan ban tidak sama dan lain-lain.

Gambar Rolling
Gambar Rolling

BOUNCING
Bouncing (memantul) merupakan gerakan ke atas atau kebawah pada keseluruhan bodi kendaraan atau naik dan turunnya bodi kendaraan depan dan belakang secara bersamaan, berbeda dengan pitcing yang hanya salah satu sisi saja (depan atau belakang). Umumnya bouncing terjadi ketika kendaraan melewati jalan yang bergelombang dengan kecepatan yang tinggi. Juga bisa karena spring-spring (pegas) yang digunakan terlalu lembut.

Gambar Bouncing
Gambar Bouncing
 
YAWING
Yawing berarti penyimpangan dari jurusan lurus, menggeleng, yawing merupakan gerakan body kendaraan yang menyimpang ke salah satu sisi kendaraan, kesisi kanan atau ke sisi kiri dari titik sumbu tengah kendaraan. Jalan yang tidak rata, berlubang dan bergelombang menjadi salah satu penyebap yawing, jalan yang seperti itu tidak hanya menyebapkan yawing tetapi juga bisa menciptakan gerakan pitching.

Gambar Yawing
Gambar Yawing

Rolling dan pitching dapat menyebapkan bottoming, yang merupakan kejutan karena rebound menumbuk frame dan lain-lain. Demikian saja artikel tentang oskilasi yang mungkin terjadi pada kendaraan.
Load disqus comments

0 comments