Ini Kelebihan Ban Tubeless Yang Harus Anda Diketahui

Pada saat ini hampir semua mobil baru menggunakan ban tubeless yang memiliki beberapa kelebihan daripada ban biasa. Pada kendaraan ban (wheel) bersentehan langsung dengan permukaan jalan, ban ban mempunyai beberapa fungsi seperti untuk menopang seluruh berat kendaraan, bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, dan juga menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata kemudian meredamnya.

Pada ban biasa yang masih menggunakan ban dalam yang berfungsi untuk menampung udara yang dipompakan ke dalam ban pentilnya menjadi satu dengan ban dalam serta menonjol keluar melalui lubang pada pelek. Ban biasa ini akan segera kempes apabila terjadi kebocoran.

Sedangkan pada ban tubeless atau ban yang sudah tidak menggunakan ban dalam lagi, tekanan udara yang ada di dalam ban ditahan oleh lapisan dalam ban berupa karet yang kedap udara. Karena ban tubeless sudah tidak ada ban dalamnya, maka pentil langsung dipasan pada pelek.
Kelebihan Ban Tubeless
Kelebihan Ban Tubeless

Keuntungan ban tubeless yang pertama dalah apabila ban bocor yang disebapkan oleh tusukan paku atau benda tajam lainnya, tidak langsung kempes seperti pada ban biasa yang masih menggunakan ban dalam. Hal ini dikarenakan lapisan dalamnya menghasilkan efek merapatkan sendiri. Sehingga pada saat berjalan dan terjadi tusukan pada ban, biasanya ban tidak langsung kempes tiba-tiba yang dapat mengakibatkan pengemudi kehilangan kontrol kendaraan, yang tentunya akan menyebapkan keselamatan pengemudi menjadi teraman. Jadi keuntungan ban tubeless yang pertama adalah lebih aman.

Baca : Pentingnya Wheel Aligment

Keuntungan ban tubeless yang kedua adalah karena tidak langsung kempes ketika terjadi kebocoran yang diakibatkan oleh tusukan paku atau benda tajam lainnya, maka dapat memberi kesempatan pengemudi untuk mencari tambal ban terdekat.  

Apabila sudah diketahui terjadinya tusukan pada ban, maka harus segera di tambal ban, karena sebenarnya ban tubeless hanya memperlambat kebocoran udara pada ban. Dan, mungkin bisa kempes dalam beberapa jam (jika parah) atau beberapa hari. Selain itu, mengengendarai dengan ban tubeless yang masih terdapat pakunya sangat berbahaya, karena pada saat kecepatan yang tinggi paku tersebut dapat terlempar keluar, dan seketika ban kempes.

Pada saat terjadi kebocoran, tentu ukuran daripada benda yang menusuk ban menjadi faktor utama lambat tidaknya kebocoran yang terjadi. Apabila ban sudah terlanjur kempes, maka jangan menjalankan kendaraan dalam keadaan ban kempes, karena ini akan memperepat kerusakan pada ban karena itu akan memperbesar koefisien geseknya, dan ban menjadi lebih panas, lebih baik di pompa terlebih dahulu, atau diganti dengan ban cadangan.

Maka dari itu, disarankan untuk memerikan tekanan udara pada ban dan memeriksanya kemungkinan ada paku atau benda yang menusuk lainnya, terutama apabila kendaraan akan digunakan untuk pergi jauh dan sering digunakan pada kecepatan yang tinggi.
Load disqus comments

2 comments