Fungsi dan Tujuan Konstitusi

A. Fungsi Konstitusi
Menurut paham konstitusionalisme, fungsi konstitusi adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan dan membatasi kekuasaan pemerintah
  2. Menjamin hak-hak asasi warga negara
Dalam konstitusi biasanya diatur tentang pembagian kekuasaan negara, lembaga-lembaga negara/pemerintah, serta batas-batas kekuasaan dan saling chek and balance antar lembaga negara. Pemerintah suatu negara harus diberi kekuasaan cukup agar dapat berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Namun, di lain kekuasaan permerintah juga harus dibatasi kekuasaannya agar pemerintah tidak menyalahgunakan kekuasaannya dan bertindak sewenang-wenang (otoriter). Selain itu, konstitusi juga mencantumkan ketentuan yang mengakui dan menjamin hak-hak asasi manusia.
B. Tujuan Konstitusi
Pada prinsipnya tujuan konstitusi adalah untuk membatasi tindakan kesewenangan pemerintah untuk menjamin hak-hak warga negara dan merumuskan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat. Setiap konstitusi mempunyai dua tujuan, yaitu :
  1. Untuk memberikan pembatasan dan pengawasan terhadap kekuasaan politik di suatu negara. Hal ini bertujuan agar penguasa tidak bertindak sewenang-wenang dan merugikan rakyat.
  2. Sebagai pedoman penyelenggaraan negara.
  3. Menjamin hak-hak warga negara (HAM).
  4. Untuk membebaskan kekuasaan dari kontrol mutlak penguasa, serta menetapkan bagi penguasa tersebut batas-batas kekuasaan mereka.
Konstitusi menempati posisi yang sangat vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena konstitusi menjadi tolok ukur untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang erat dengan bukti sejarah perjuangan para pendahulu.
Load disqus comments

0 comments