Cara Mengupload Template Baru di Blogger

Template merupakan sesuatu yang sangat penting untuk suatu blog dalam hal kenyamanan pengunjung ketika mereka datang ke blog yang kita miliki. Adakalanya kita belum puas dengan template yang kita buat sendiri. Sehingga lebih memilih untuk mendownload template milik orang lain yang kita anggap lebih baik.

Sebagai seorang newbi, saya juga pernah kesulitan untuk mengganti template dengan template hasil download-an dari internet, akhirnya saya bisa mengupload template baru yang saya download dengan bantuan tutorial dari sesama blogger.

Baca juga artikel sebelumnya : Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog/Website

Maka dari itu saya juga akan sedikit membantu tentang cara mengupload atau mengganti template hasil download di blogger, berikut ini langkah-langkahnya.

Sebelum anda mengupload template baru silahkan back up dulu template anda yang lama, ini untuk berjaga-jaga jika anda ingin blog anda kembali menggunakan template yang lama. Lihat cara membackup template di blogspot.

Langkah pertama : Siapkan template yang akan di upload, apabila template masih dibungkus dengan WinRAR, atau semacamnya maka extrak terlebih dahulu. Buka file yang anda download, lalu klik 1 kali file template yang akan anda upload, biasanya format file templatenya .xml (dalam kolom type bertuliskan xml document). Setelah itu klik Extract To, dan pilih tempat untuk penyimpanan file template yang akan anda extract. Lalu pilih OK.

Cara Mengupload Template Baru Di Blogger
Cara Mengupload Template Baru Di Blogger
Langkah ke-dua : Masuk ke dashbord blog anda, kemudian pilih menu Template. Kemudian lihat pojok kanan atas, pilih Backup/Restore.

Cara Mengupload Template Baru Di Blogger
Cara Mengupload Template Baru Di Blogger

Langkah ke-tiga : Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Lalu klik broswe dan cari template yang telah anda siapkan untuk di upload. Jika sudah ketemu lalu pilih dan klik ok.

Langkah ke-empat : Klik Upload, lalu tunggu sampai proses selesai.
Cara Mengupload Template Baru Di Blogger
Cara Mengupload Template Baru Di Blogger

Sekarang template baru anda sudah siap, silahkan klik preview untuk melihat hasilnya. Demikian saja artikel tentang cara mengupload template baru di blogger. Semoga dapat bermanfaat.

Load disqus comments

0 comments