Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Blog/Website

Sudah selayaknya seorang blogger memberikan fasilitas yang sebaik-baiknya bagi visitor atau pengunjung, termasuk kecepatan loading blog yang ringan atau tidak terlalu berat. Kecepatan loading blog yang terlalu berat dan lama akan membuat visitor berfikir dua kali, dan terkadang mereka memilih untuk kembali dan memilih blog atau website lainnya yang memiliki kecepatan loading yang lebih ringan, selain lebih cepat juga irit kuota internet.

Sehingga jika kita memiliki blog yang kecepatan loading blognya sangat lambat dan berat, tentu akan merugikan bagi kita. Untuk itu bagi anda yang mempunyai blog usahakan agar mempunyai blog yang kecepatan loading blognya ringan.

Untuk mengetahui atau mengecek kecepatan loading blog dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu produk dari Google Developers yaitu PageSpeed Insights, caranya adalah sebagai berikut :

 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Blog/Website

1. Silahkan kunjungi PageSpeed Insights
Mengetahui Kecepatan Loading Blog
2. Setelah masuk ke PageSpeed Insights, masukkan url laman web anda. Lalu klik analis.
3. Tunggu sebentar sampai selesai menganalisi dan lihat hasilnya.
Gambar di bawah ini merupakan hasil analis kecepatan loading blog dari Kita Punya :
Kecepatan Loading Blog
Kecepatan Loading Blog
Dengan PageSpeed Insights ini kita dapat mengetahui kecepatan loading blog/website entah ketika dengan menggunakan perangkat seluler (mobile) atau dengan Dekstop (PC).

Nilainya antara 1 sampai dengan 100. Semakin mendekati 100 maka kinerja blog/website anda semakin baik. Jika kecepatan loading blog anda 70 keatas sebenarnya sudah normal, tetapi lebih baik jika diperbaiki sampai 80 keatas.

Jika nilainya kurang dari 60, maka tips dari saya adalah sebaiknya ganti template yang lebih simple lagi, kurangi penggunaan widget-widget yang tidak penting, dan jika banyak gambar maka sebaiknya gambar di kompres. Atau ikuti saja saran yang diberikan.

PageSpeed Insight akan memberikan saran-saran kepada kita untuk memaximalkan kinerja blog atau website anda dalam hal kecepatan loading. Nanti tergantung pada blog anda, biasanya sarannya ada yang butuh diperbaiki, sebaiknya diperbaiki, dan aturan lulus. Sebagai contoh : saran untuk blog ini yaitu menghilangkan java script dan CSS yang memblokir peredam di konten paruh atas (Butuh Perbaikan), manfaatkan penyimpanan cache broswer, optimalkan gambar, memperkecil java script, dan memperkecil html.

Semakin banyak aturan lulus (dicentang warna hijau) maka semakin baik kinerja blog/website anda. Sedangkan jika ingin mengetahui bagaimana cara memperbaiki dapat dilakukan dengan mengeklik "tampilkan cara memperbaiki"

Pengalaman Pengguna
Pengalaman Pengguna
Sementara dibawah saran-saran pada perangkat mobile di pagespeed insight terdapat juga pengalaman pengguna yang nilainya antara 1 - 100. Semakin mendekati 100 maka semakin baik. Disana juga terdapat saran-saran dari google untuk memaximalkan performa blog/website anda, khususnya apabila digunakan pada perangkat mobile. Saran saran tersebut adalah atur ukuran konten terhada area pandang, gunakan font (jenis huruf) yang mudah dibaca, hindari plugin dan lain sebagainya.
 

Saya rasa tidak perlu saya jelaskan lagi, karena penjelasan di pagespeed insight ini sudah cukup jelas. Demikian tutorial tentang cara mudah mengecek kecepatan loading blog dengan pagespeed insight, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.
Load disqus comments

3 comments