Artikel Copas Buat Atikel Lama Terindex

Artikel copas atau copy paste memiliki beberapa kerugian bagi blog yang anda kelola, salah satunya adalah membuat artikel lama terindex. Kerugian yang lain adalah sulitnya mendaftar di Google Adsense, lemahnya posisi di serp (hasil pencarian search engine), dan lain lain.

Artike copy paste atau copas merupakan artikel yang sangat mudah untuk dibuat, karena tidak ada ilmu khusus yang mendasarinya, tinggal block artikel milik tetangga lalu klik kanan dan pilih copy. Setelah itu baru dipastekan di entri post pada blogger. Mudah bukan, he he.
Copy Artikel
Copy Artikel
Biasanya copas dilakukan karena alasan males menulis, padahal dengan menulis akan melatih kita untuk selalu berinovasi dan kreativ. Lagi pula tujuan daripada blogging adalah untuk menyampaikan karya tulis yang telah kita buat dan mencari kepuasan didalamnya, dimana kepuasan itu saya dapatkan ketika saya dapat berbagi artikel original yang dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Dibalik kemudahan artikel copy paste tersebut, ternyata memiliki beberapa kerugian diantaranya akan membuat artikel yang anda buat tadi menjadi lama terindex.

Kita tahu bahwa google sangat suka dengan artikel yang unik dan berkualitas, dimana salah satu penentu artikel itu unik dan berkualitas adalah keasliannya (original) dan bukan merupakan artikel milik orang lain copy paste.

Algoritma google yang ada selama ini juga memerangi dan akan membasmi habis para blogger yang sering mengcopas. Google juga melindungi artikel mengunakan DMCA Google, ketika anda mengkopas suatu artikel dan tidak menyertakan link sumber maka apabila si pemilik asli artikel tersebut tidak terima, maka anda akan dilaporkan di DMCA Google ini, yang akan berakibat buruknya blog anda di mata google, hukumannya bisa dicopot dari serp, atau yang lebih parah lagi blog anda akan dihapus, hal ini tentunya akan merugikan bagi anda sendiri. 

Dengan di cap buruk oleh google, maka peringkat blog anda di hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page) akan turun bahkan bisa dihilangkan dari serp yang tentunnya bisa membuat trafic blog yang anda kelola.

Tidak hanya itu, sesuai yang pernah saya alami bahwa jika saya membuat artikel original buatan saya sendiri maka artikel tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk terindex di google, berbeda ketika saya membuat artikel copy paste, yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk terindex di goole.

Efeknya sebenarnya tidak hanya pada artikel copas tersebut, tetapi juga berimbas pada artikel lainnya yang anda buat sendiri.


Saya sendiri mempunyai blog yang kebanyakan isinya adalah artikel copas, jumlah artikelnya sekitar 190 -an. Tetapi trafic dari blog tersebut sangatlah kecil, dan lebih kecil daripada blog original saya lainnya yang artikelnya baru 100-an. Sehingga sampai sekarang blog tersebut sudah tidak saya urus dan saya biarkan tetap ada.

Sejatinya blog adalah media yang digunakan untuk menyampaikan kreativitas dalam menulis, sehingga apapun hasil karya anda pastilah akan dihargai visitor, daripada hanya artikel copas. Milik sendiri itu lebih enak daripada mencuri atau pinjam dari orang lain.

 
Sebenarnya copas boleh anda lakukan asalkan mendapat persetujuan dari pemilik artikel, biasanya anda akan disuruh untuk memberikan link sumber dari artikel tersebut. Ada beberapa tips supaya artikel copas tersebut tetap berkualitas, yaitu dengan rewrite atau menulis kembali. Baca keseluruhan artikel yang ingin anda tulis kembali, lalu edit dan kembangkan artikel tersebut dengan gaya bahasa yang anda sukai.
Load disqus comments

0 comments