Tipe-tipe Caliper Rem Cakram

Rem cakram (disc brake) pada dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat besi tuang (disc rotor) yang berputar dengan roda dan bahan gesek (dalam hal ini disc pad, atau yang biasa kita sebut dengan kampas rem) yang mendorong dan menjepit disk brake. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara  pad (kampas) dan cakram (disc). Pada bahasan ini akan diterangkan mengenai jenis jenis atau tipe tipe dari caliper pada rem cakram.


Tipe-tipe caliper rem cakram.

(1) Tipe caliper tetap ( Fixed caliper) Sebuah tipe fixed caliper mempunyai sepasang piston untuk mendorong rotor rem cakram pada kedua sisinya.
(2) Tipe caliper mengambang (Floating caliper) Sebuah tipe floating caliper tertempel pada piston hanya pada satu sisi dari caliper. Piston berperan sebagai pembuat tekanan hidrolik, dan apabila bantalan rem cakram ditekan, caliper akan bergerak ke arah yang berbeda dari piston, dan mendorong rotor rem cakram dari kedua sisinya. Akibatnya, caliper akan menghentikan perputaran roda. Ada beberapa jenis floating caliper, tergantung dari metode menempelkan caliper ke piringan putar. Jenis yang pertama adalah full floating caliper. dan yang kedua adalah semi floating caliper.


Gambar 1 Tipe caliper rem cakram
Gambar 1 Tipe caliper rem cakram
Load disqus comments

0 comments