Sistem Pelampung Pada Karburator

Sistem Pelampung.
Akibat mengalirnya udara melewati venturi, maka akan terjadi kevakuman pada venturi, akibatnya bahan bakar dari ruang pelampung akan keluar ke venturi melalui main nozle. Jika perbedaan tinggi (h) antara bibir nosel dan permukaan bahan bakar dalam ruang pelampung telah berubah, maka jumlah bahan bakar yang dikeluarkan nosel akan berubah juga. Untuk alasan tersebut diatas maka permukaan bahan bakar dalam ruang pelampung harus tetap. Untuk menjaga agar permukaan bensin di dalam ruang pelampung selalu tetap, maka diperlukan sistem pelampung.

1. Pengontrolan Permukaan Bahan Bakar (Float Control Level)
Bila bahan bakar dari pompa bahan bakar mengalir melalui needle valve dan masuk ke dalam ruang pelampung, dan bahan bakar yang masuk tersebut akan membuat pelampung terangkat ke atas, needle valve menutup dan menghentikan bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. Bila bahan bakar di ruang pelampung dipakai, permukaan bahan bakar turun, needle valve ikut terbuka dan memungkinkan bahan bakar masuk lagi ke ruang pelampung. Dan begitu seterusnya.

Sistem Pelampung Pada Karburator
Sistem Pelampung
2. Needle Valve (Katup Jarum)
needle valve
Gambar Kontruksi Needle Valve
Keterangan :
1 : Rumah Jarum
2 : Neddle Valve
3 : Pegas
4 : Peluru
Pada saat permukaan bahan bakar di dalam ruang pelampung berubah, pelampung naik
atau turun, gerakan ini dipindahkan ke katup jarum melalui push pin. Pegas mencegah katup jarum terbuka atau tertutup oleh gerakan naik atau turun pelampung yang disebabkan gerakan dari kendaraan, sekaligus menjaga permukaan bahan bakar tetap.

3. Pelampung terdiri dari 2 jenis, yaitu :
gambar pelampung
Gambar Pelampung
  • Pelampung berongga yang terbuat dari plat atau plastik.
  • Pelampung pejal atau padat yang terbuat dari bahan sintesis.
4. Air Vent Tube (Pipa Ventilasi Udara)

air ventube
Air Ventube Intern
Pipa ventilasi udara berfungsi untuk menstabilkan tekanan pada batas permukaan bensin agar konstan. Pipa ventilasi ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Pipa ventilasi Ekstern dan Pipa ventilasi Intern. 
Load disqus comments

0 comments