Saringan Bahan Bakar Mesin Diesel

Saringan Bahan Bakar
Pompa injeksi dan Nozel dibuat dengan tingkat ketelitian yang sangat presisi yaitu  sekitar 1/1000 mm (1/40 in). Kemampuan dan performa mesin akan sangat terpengaruh apabila bahan bakar tercampur dengan kotoran, debu atau air. Saringan bahan bakar dan water sedimenter digunakan untuk menyaring kotoran, debu dan air yang ada pada bahan bakarnya. Umur daripada komponen-komponen sistem bahan bakar mesin diesel sangat ditentukan oleh mutu saringan/filter serta perawatan berkala sistem bahan bakar secara kontinu.

Tekanan bahan bakar harus dapat dibangkitkan oleh pompa injeksi melalui plunyer dan barel serta nozel injector agar diperoleh semprotan bahan bakar di silinder yang mengabut dan sempurna, sehingga hasil pembakaran dapat maximal dan sempura. Karena masing-masing komponen tersebut bekerja secara tepat dan berpresisi tinggi, maka hal ini mengharuskan bahan bakar selalu bersih dan tidak terkontaminasi oleh material lain sebelum mengalir pada sistem bahan bakar yang lain, apaabila tidak demikian maka berpotensi mengakibatkan hal-hal sebagai berikut; seperti
1) Pembakaran tidak sempurna
2) Pemakaian bahan bakar lebih boros
3) Sulit start
4) Putaran idel kasar
5) Daya mesin menurun
Saringan bahan bakar untuk pompa injeksi tipe distributor kebanyakan digabung dengan priming pump dan water sedimenter (pemisah air). Priming pump adalah komponen sistem bahan bakar diesel yang berfungis mengeluarkan udara palsu dari sitem bahan bakar dan biasanya dilengkapi dengan pengunci agar tidak bekerja selama motor hidup. Sedangkan water sedimenter berfungsi untuk memeisahkan air dari bahan bakar dengam memanfaatkan perbedaan berat jenis antara air dan bahan bakar. 

Saringan bahan bakar untuk pompa injeksi tipe in-line mengunakan filter dengan elemen kertas. Pada bagian atas filter body terdapat sumbat ventilasi udara yang digunakan untuk mengeluarkan udara yang mungkin dapat tercampur dengan bahan bakar. Pada saat sumbat ventilasi udara dilonggarkan, gerakan priming pump akan mengeluarkan udara dari sistem bahan bakar. Priming pump pada pompa injeksi tipe in-line merupakan satu unit bersama feed pump yang dipasangkan pada bodi pompa injeksi.
Kontruksi Saringan Bahan Bakar
Kontruksi Saringan Bahan Bakar
Elemen filter biasanya terbuat dari kertas spiral disusun bentuk V dengan pori-pori yang sangat halus (8 μm). Ada kalanya sistem aliran bahan bakar menggunakan filter tunggal atau memakai filter ganda dengan tahapan agar penyaringan bahan bakar dapat lebih sempurna, atau ada juga filter yang dirangkai parallel untuk sistem bahan bakar dengan kapasitas yang lebih besar, atau filter yang terangkai parallel ini biasanya dipakai untuk mesin dengan penggunaan khusus. Berikut ini gambar saringan bahan bakar yang dirangkai seri :
Saringan Bahan Bakar Yang Dirangkai Seri
Saringan Bahan Bakar Yang Dirangkai Seri
Keterangan :
1) Rumah filter dengan pengikatnya
2) Filter Kasar
3) Filter Halus
Filter dengan tahapan terangkai secara seri, bahan bakar disaring terlebih dahulu pada filter 2 (filter kasar) setelah itu disaring selanjutnya pada filter 2 (yang lebih halus).
Baca Juga :
Load disqus comments

0 comments