Pengertian dan Rumus Perbandingan Kompresi

Pengertian dan Rumus Perbandingan Kompresi
Pengertian atau definisi dari perbandingan kompresi adalah suatu harga perbandingan yang ditentukan oleh besarnya volume langkah dan volume ruang bakar seperti persamaan berikut.
rumus perbandingan kompresi
Rumus Perbandingan Kompresi
Keterangan :
V1 = Volume Ruang Bakar
V2 = Volume Langkah Piston atau torak

Tekanan kompresi (Compression Pressure) yang tinggi akan menghasilkan efisiensi panas yang tinggi pula, dengan demikian pemakaian bahan bakar akan lebih hemat. Akan tetapi tekanan kompresi maksimum atau yang di perbolehkan antara lain dibatasi oleh nilai oktan suatu bahan bakar, makin tinggi nilai oktan makin sesuai dipakai pada motor dengan tekanan kompresi yang lebih tinggi. Detonasi yang terjadi pada saat pembakaran menunjukkan adanya pembakaran yang tidak teratur dalam ruang bakar, salah satu penyebabnya adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai nilai oktannya atau disebabkan tekanan kompresi yang terlalu tinggi untuk bahan bakar tersebut.


Kemungkinan lain detonasi juga terjadi akibat saat pengapian yang terlalu maju atau perbandingan campuran udara bensin yang tidak homogen, oleh karena itu perlu adanya pengaturan saat pengapian (timing ignition) yang tepat, perbandingan campuran yang sesuai, atau efek-efek aliran dalam saluran masuk serta dikombinasikan dengan nilai oktan bahan bakar menjadikan motor bensin modern saat ini relatif memiliki tekanan kompresi yang tinggi. Namun bila dibandingkan dengan mesin diesel, tekanan kompresi pada motor bensin masih kecil.
Load disqus comments

7 comments