Sistem Pendingin Mesin

Sistem Pendinginan.
Pada motor bakar, bahan bakar dibakar di dalam silinder, untuk merubah dari energi panas ke dalam energi kinetik. Akan tetapi energi panas yang dihasilkan tersebut, tidak semuanya dirubah menjadi energi tenaga. Hanya sekitar 25% saja energi panas dari hasil pembakaran bahan bakar di dalam silinder yang dimanfaatkan secara efektif sebagai tenaga. Sebagian panas keluar menjadi gas buang atau gesekan (45%) dan 30 % nya diserap oleh mesin itu sendiri. 
Sistem Pendingin Mesin
Sistem Pendingin
Apabila sebagian panas yang dihasilkan dari pembakaran tidak dibuang, maka komponen mesin yang berhubungan dengan panas pembakaran tadi akan mengalami kenaikan temperatur yang berlebihan dan cenderung merubah sifat-sifatnya serta bentuk dari komponen mesin tersebut. Oleh sebab itu, panas yang diserap oleh mesin harus dibuang ke udara dengan segera. Maka sistem pendinginan dilengkapi di dalam mesin untuk mendinginkan dan mencegah panas yang berlebihan, yang dapat merusak komponen dan membuat tidak maximalnya performa mesin.

Macam macam sistem pendingin :
a. Sistem Pendinginan Udara
Pada sistem ini, panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar dan udara di dalam silinder, didinginkan dengan cara menggunakan sirip-sirip pendingin yang dipasangkan di bagian luar dari silinder. Sirip sirip pendingin tersebut berfungsi untuk memperluas luas penampang bidang pendinginan, sehingga nantinya dapat mempercepat proses pendinginan. Ketika motor berjalan, maka udara akan melewati sirip sirip dan mendinginkan mesin. Sistem pendingin udara ini mempunyai keterbatasan dalam hal kemampuan untuk mendinginkan, sehingga hanya cocok untuk mesin kapasitas kecil seperti sepeda motor.
sirip sirip pendingin dalam sistem pendingin mesin
Sirip sirip Pendingin
Sistem Pendingin Air.
Sistem pendingin air mempunyai konstruksi yang lebih rumit jika dibandingkan dengan sistem pendinginan udara. Namun mempunyai keuntungan, yaitu lebih aman, sebab ruang bakar dikelilingi oleh air pendingin, terutama air dengan additive dan anti beku. juga bertindak sebagai peredam bunyi. Air pendingin yang panas juga dapat digunakan sebagai sumber panas untuk pemanas udara di dalam kendaraan, sehingga proses pembakarannya jadi dapat lebih sempurna. Konstruksi sistem pendinginan air terdiri dari radiator, pompa air, kipas, tutup radiator, tangki reservoir, katup thermostat. Lihat juga fungsi fungsi komponen sitem pendingin.
sistem  pendingin air
Sistem Pendingin Air
Load disqus comments

0 comments