Pengertian Tune Up

Pengertian Tune Up - Masih teringat pada saat-saat sekolah dulu, mencari artikel di Internet tentang pengertian tune up mobil, susahnya minta ampun. Karena saya sekarang sudah bisa menulis di blog maka akan saya bagikan pengertian dari tune up mobil ini. Dan berikut ini adalah pengertian atau definisinya.

Tune Up adalah pekerjaan servis ringan mesin yang bertujuan untuk mendapatkan performa mesin yang maximal, dan juga menjaga agar mesin tetap dalam kondisi yang baik dan prima. Karena mesin dioperasikan secara terus menerus, maka akan memungkinkan terjadinya penurunan peforma mesin. Oleh karena itu agar motor tetap menghasilkan daya kerja yang maksimum, maka perlu dilakukan tune up motor secara periodik. 

Pekerjaan tune up harus dilakukan sesuai prosedur dari pabrik  pembuatnya, baik urutan pengerjaannya, pemeriksaannya, ukuran penyetelannya dan lain – lain. Ini dimaksudkan untuk efisiensi proses kerja dan supaya hasilnya  sesuai standart yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya. 

Sebelum kegiatan tune up dilakukan, lebih baiknya kita memanaskan mesin (menghidupkan mesin) terlebih dahulu untuk mengidentifikasi keadaan dari mesin itu sendiri, identifikasi dilakukan misalnya putaran idle terlalu besar ataupun terlalu kecil, mesin pincang, mbrebet, adanya suara yang tidak normal pada mesin dan lain sebagainya.
 
Jadi Secara umum pengertian tune up adalah suatu pekerjaan atau kegiatan khusunya pada engine/mesin yang bertujuan agar performa mesin/engine tersebut lebih maksimal atau optimal, dan pekerjaannya dapat berupa pemeriksaan, pengukuran dan pencocokan dengan standar pabrik, penyetelan, perbaikan, perawatan dan atau penggantian komponen jika diperlukan.

Pengertian Tune Up
Pengertian Tune Up
Berikut ini komponen dan sistem sistem dalam engine atau mobil yang diperiksa, disetel, diperbaiki, dirawat dan atau diganti komponennya dalam pekerjaan tune up adalah :
1. Pemeriksaan sistem pendingin. 
2. Pemeriksaan tali kipas. 
3. Pembersihan saringan udara. 
4. Pemeriksaan baterai
5. Pemeriksaan kabel tegangan tinggi. 
6. Pemeriksaan oli mesin. 
7. Pemeriksaan busi
8. Pemeriksaan distributor. 
9. Penyetelan celah katup. 
10. Pemeriksaan karburator. 
11. Penyetelan campuran dan putaran idle
12. DLL 

Untuk mengetahui cara-cara dalam melakukan tune up mobil, anda dapat mendownload buku manual yang berforman pdf berikut ini : Download buku manual toyota mesin seri k

Biasanya tune up di lakukan secara berkala, hal ini bertujuan agar mobil ketika akan digunakan selalu dalam kondisi yang prima dan maksimal.
Load disqus comments

2 comments