PENGERTIAN HAK, KEWAJIBAN DAN WARGA NEGARA

Kita Punya - PENGERTIAN HAK, KEWAJIBAN DAN WARGA NEGARA - Pada kesempatan kali ini kita punya akan share mengenai pengertian, hak, dan kewajiban warga negara. Oke, dan berikut ini merupakan penjelasan dari kita punya.

1. Pengertian Hak 

Hak adalah sesuatu hal yang harus menjadi milik kita dan penggunaannya 
tergantung kepada kita sendiri. Contohnya: hak menyampaikan pendapat, hak mendapat kasih sayang dari orang tua, hak memilih wakil rakyat dalam pemilu, dan sebagainya. “Hak adalah kuasa/kehendak untuk melakukan atau menerima sesuatu yang seharusnya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.( Prof. Dr. Notonagoro)” 

2. Pengertian Kewajiban

Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu dan tidak dapat di pindahkan ke pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan (Prof. Dr. Notonagoro). Sedangkan Kewajiban adalah Sesuatu hal yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Contohnya : Melaksanakan tata tertib sekolah, membayar pajak, atau membantu orang tua dan sebagainya. 

3. Pengertian Warga Negara

Warga Negara adalah penduduk yang sepenuhnya dapat diatur oleh Pemerintah Negara tersebut dan mengakui Pemerintahnya sendiri. Adapun pengertian penduduk menurut Kansil adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh peraturan negara yang bersangkutan, diperkenankan mempunyai tempat tinggal pokok (domisili) dalam wilayah negara itu.

Hak adalah suatu kewenangan atau kekuasaan yang diberikan oleh hukum. Suatu kepentingan yang dilindungi oleh hukum. Baik pribadi maupun umum. Dapat diartikan bahwa hak adalah sesuatu yang patut atau layak diterima. Contoh hak : hak untuk hidup, hak untuk mempunyai keyakinan dan lain-lain. Sedangkan kewajiban adalah suatu beban atau tanggungan yang bersifat kontraktual. 

Dengan kata lain kewajiban adalah sesuatu yang sepatutnya diberikan. Contoh kewajiban : Dalam jual beli, bila kita membeli suatu barang, maka kita wajib membayar barang tersebut. Perwujudan hukum menjadi hak dan kewajiban itu terjadi dengan adanya perantaraan peristiwa hukum. 

Segala peristiwa atau kejadian dalam keadaan tertentu adalah peristiwa hukum. Untuk terciptanya suatu hak dan kewajiban diperlukan terjadinya peristiwa yang oleh hukum dihubungkan sebagai akibat. Karena pada umumnya hukum itu bersifat pasif. Contoh : Terdapat ketentuan “barangsiapa mencuri, maka harus dihukum”. Maka bila tidak terjadi peristiwa pencurian maka tidaklah ada akibat hukum. 

Guna meminimalisir seluruh konflik yang ada di antar warga negara mereka butuh kesadaran tersendiri akan pentingnya kebutuhan dan kewajiban mereka, karena persatuan nasional terbentuk karena adanya rasa kebersaam yang sudah terpatri dan identik dengan rakyat indonesia sejak zaman nenek luhur, maka dari itu rasa kebersamaan itu seharusnya dipelihara dengan menggunakan dan melakukan hal-hal yang positif pada masyarakat. konflik bisa terjadi karena diantara masyarakat itu sendiri saling bahu-membahu untuk memperjuangkan opini ataupun pendapat yang mereka kira sebagai suatu solusi akan teratasi.  

Seharusnya masyarakat harus menyadari pada masa yang modern ini adalah kita saling menghargai bagaimana mencari solusi dan mengetahui mana hak dan mana yang merupakan kewajiban.

Baca lebih lanjut dalam :  
Load disqus comments

0 comments