Fungsi Kepala Silinder atau cylinder head

Fungsi Kepala Silinder atau cylinder head - Salah satu komponen utama mesin adalah kepala silinder, Kepala silinder ini dipasangkan pada blok silinder, yang diikat dengan baut-baut yang terbuat dari besi tuang atau paduan alumunium. jumlah baut yang terdapat pada kepala silinder adalah 10 buah (mobil toyota kijang 4 silinder), dalam melepas baut ini ada urutan-uratan tertentu dan dilakukan secara bertahap, lihat buku manual untuk lebih jelas lagi, tetapi pada umumnya untuk melepas baut baut kepala silinder adalah dari luar ke dalam secara urut dan bertahap. Kemudian sebaliknya untuk memasang baut kepala silinder adalah dari dalam ke arah luar.

Untuk pembelajaran anda bisa mendownload buku manual toyota di link berikut ini : Download buku manual mesin mobil toyota seri k

Pada kepala silinder terdapat mekanisme katup yang didalamnya terdiri dari beberapa komponen, seperti katup, spring, valve guide, valve seat, dan lain sebagainya. Ada beberapa macam mekanisme katup yang digunakan pada mobil-mobil saat ini, seperti ohv, ohc, dohc dan lain sebagainya. Lihat disini tentang macam-macam mekanisme katup.
fungsi kepala silinder atau cylinder head
kepala silinder
Kepala silinder atau cylinder head memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut :
  1. Sebagai ruang pembakaran
  2. Untuk menempatkan mekanisme katup
  3. Tempat pemasangan busi
  4. Tempat pemasangan saluran masuk dan saluran buang
  5. Tempat mantel pendingi (water jacket)
Ketika mesin mengalami over heating (panas yang berlebihan) entah itu disebapkan karena pendinginan yang kurang maximal atau yang lainnya, biasanya kepala silinder ini melengkung, akibatnya terjadi kebocoran diantara kepala silinder dan block silinder. Biasanya akan mengakibatkan air akan bercampur dengan oli, yang tentunya akan membahayakan mobil itu sendiri. Karena apa, dengan bercampurnya air dan oli maka terdapat dua sistem pada kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik yaitu sistem pendingin dan sistem pelumasan. Apabila kedua sistem ini tidak bekerja sebagai mana mestinya akan membuat kerusakan-kerusakan yang lebih fatal pada mesin. Untuk itu harus segera diperbaiki.
Demikian artikel tentang fungsi dari komponen mesin kepala silinder, semoga dapat bermanfaat, baca juga artikel yang lain :  Fungsi karburator
Load disqus comments

0 comments