Fungsi Jangka Sorong (Vernier Caliper)

Kita Punya -  Fungsi Jangka Sorong - Salah satu macam alat-alat ukur mekanis adalah jangka sorong. Jangka sorong ini memilik nama yang banyak, ada sebagian orang yang menyebutnya dengan mistar geser, vernier caliper, sket match dan lain sebagainya.

Jangka sorong atau yang disebut juga vernier caliper merupakan salah satu alat ukur mekanik, yang sering sekali digunakan dalam pekerjaan pengukuran otomotif, ataupun pekerjaan pengukuran yang lainnya.

Pengertian jangka sorong adalah salah satu alat ukur mekanik bukan alat ukur pneumatic yang memiliki fungsi fungsi seperti dibawah ini.

Fungsi jangka sorong adalah :

a). Untuk mengukur diameter luar suatu benda
b). Untuk mengukur diameter dalam suatu benda
c). Untuk mengukur kedalaman suatu benda
d). Untuk mengukur ketebalan suatu benda
fungsi jangka sorong
Jangka sorong
Dalam mengukur suatu benda terkadang, kita memerlukan hasil dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi, misal saja diameter silinder, diameter piston, diameter bantalan, ketebalan suatu benda dll. Tetapi terkadang juga kita tidak membutuhkan hasil pengukuran yang memiliki tingkat ketelitian tinggi. Maka dari itu jangka sorong dibuat dengan tingkat ketelitian yang bermacam macam. Dan berikut ini berberapa ketelitian yang biasanya digunakan dalam jangka sorong :
a). Jangka sorong dengan ketelitian 0.02 mm
b). Jangka sorong dengan ketelitian 0.05
c). Jangka sorong dengan ketelitian 0.1

Untuk memudahkan kita dalam menggunakan jangka sorong, terdapat salah satu macam jangka sorong yang bernama jangka sorong analog, pada dasarnya fungsinya sama dengan jangka sorong yang sering kita gunakan (jangka sorong manual). Hanya saja jangka sorong analog ini kita tidak perlu susah susah dalam membacanya, kita tinggal mengukur dan hasil pengukuran akan langsung muncul di layar pada jangka sorong. Demikian artikel dari kita punya tentang fungsi jangka sorong, semoga dapat bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments