Pengertian dan Jenis Motor Bakar

Kita Punya - Pengertian dan Jenis Motor Bakar. Pada kesempatan ini saya akan share tentan pengertian dan jenis motor bakar, oke langsung saja karena sekarang lagi banyak  kerjaan jadi tanpa panjang lebar langsung saja ini dia.

1. Defenisi Motor Bakar

Motor bakar adalah suatu mekanisme atau konstruksi mesin yang merubah energi panas menjadi energi mekanis. Terjadinya energi panas karena adanya proses pembakaran, bahan bakar, udara, dan sistem pengapian. Dengan adanya suatu konstruksi mesin, memungkinkan terjadinya siklus kerja mesin untuk usaha dan tenaga dorong dari hasil ledakan pembakaran yang diubah oleh konstruksi mesin menjadi energi mekanik atau tenaga penggerak.

2. Jenis Motor Bakar
pengertian dan jenis motor bakar
motor bakar

a. Motor Pembakaran Luar (External Combustion Engine) 
Motor pembakaran luar adalah suatu motor dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan di luar dari mekanisme/konstruksi mesin. Dari ruang pembakaran energi panas tersebut dialirkan ke konstruksi mesin melalui media penghubung lagi. Contoh motor pembakaran luar adalah (1) mesin uap/turbin uap dan (2) Mesin Nuklir/Turbin Nuklir.
b. Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)

Pada motor pembakaran dalam, proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan di dalam konstruksi mesin itu sendiri dan tempa terjadinya proses pembakaran itu disebut ruang bakar. Contohnya adalah (1) motor bensin, (2) motor diesel, dan (3) mesin Jet.
Load disqus comments

0 comments